Indeks Kepuasaan Masyarakat terhadap Dispora Bandung Barat 82,25 Persen
Tingkat kepuasan masyarakat berdasarkan hasil penilaian masyarakat terhadap layanan OPD.
DARA| Indeks Kepuasaan Masyarakat (IKM) terhadap Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Bandung Barat (KBB) tahun 2025 mengalami peningkatan yang cukup signifikan.
Pada tahun 2024, IKM pada Dispora KBB sebesar 81,54 persen dan meningkat pada tahun 2025 menjadi 82,25 persen dengan kategori baik.
"Kalau dilihat secara score, alhamdulilah, ada peningkatan yang signifikan. Pada tahun ini IKM kita 82,25 persen," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Dispora KBB, Erwin Muliawan, disela-sela kegiatan Penetapan Standar Pelayanan Publik (SPP) dan Survei Kepuasaan Masyarakat (SKM) Dispora KBB di The Plantation Cafe and Resto, Jalan Pasirhalang-Cisarua, Rabu (3/12/2025).
Tingkat kepuasan masyarakat tersebut diperoleh berdasarkan hasil penilaian masyarakat terhadap layanan Pemkab Bandung Barat melalui Organisasi Perangkat Daerah (OPD).
Ada sebelas unsur yang menjadi penilaian layanan publik tersebut. Kata Erwin, salah satu unsur diantaranya yang masih perlu ditingkatkan adalah bidang sarana dan prasarana.
Hal itupun salah satu yang diusulkan mitra kerja Dispora, agar layanan sarana dan prasana lebih ditingkatkan.
"Kita tidak terlena dengan kategori baik. Akan tetapi kita harus fokus kepada yang perlu kita tingkatkan, diantaranya sarana dan prasarana dan yang lainnya," ucapnya.
Erwin menyebutkan mitra kerja Dispora KBB adalah Kwarcab Pramuka, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Komite Olahraga Masyarakat Indonesia (KORMI) dan National Paralympic Committee of Indonesia atau Komite Paralimpiade Nasional Indonesia (NPCI).
Untuk peningkatan penilaian layanan publik ke depannya, Dispora meminta saran, masukan baik keluhan dari masyarakat melalui organisasi mitra kerja ini.
Dispora KBB mengundang secara khusus mitra kerja untuk perbaikan peningkatan pelayanan publik yang akan datang. Mereka dimintai saran, masukan, harapan bahkan kritikan buat Dispora KBB.
"Kadang-kadang kita juga bingung untuk meningkatkan pelayanan ini. Jadi butuh masukan dan saran dari rekan-rekan (mitra kerja) untuk perbaikan pelayanan ke depannya," beber Erwin.
Editor: Maji
