Logo
Jabar

Di Jabar Kabisa, Disperindag Jabar Hadirkan 30 Layanan Legalitas Usaha

Simak Nih, Sejumlah Layanan Yang Dapat Diakses Langsung

Di Jabar Kabisa, Disperindag Jabar Hadirkan 30 Layanan Legalitas Usaha
Disperindag Jabar menginisiasi kegiatan “Jabar Kabisa: Abdi Nagri Ngawula Rakyat” di Sport Jabar Arcamanik, Kamis (13/11/2025) hinga Jumat (14/11/2025).(Foto: deram/dara

Akan ditampilkan juga pameran produk unggulan Jabar yang terbagi ke dalam tiga zona utama. 


DARA| Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jabar menginisiasi kegiatan “Jabar Kabisa: Abdi Nagri Ngawula Rakyat” di Sport Jabar Arcamanik, Kamis (13/11/2025) hinga Jumat (14/11/2025).

Kadisperindag Jabar Nining Yulistiani mengatakan acara yang bertagline Jabar Kabisa Abdi Negeri Ngawula Rakyat 2025 ini bukti pemerintah hadir melayani masyarakat terutama para pelaku usaha. "Dalam dua hari ini kita berusaha memberikan pelayanan yang menyeluruh," katanya.

Menurutnya sejumlah layanan yang dapat diakses langsung di lokasi, antara lain Sertifikasi Halal, Fasilitasi Pendampingan Penerbitan Nomor Induk berusaha (NIB), Konsultasi Layanan Pajak (NPWP), Konsultasi Sertifikasi Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT), dan Izin Edar Badan pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

Selain itu, pada kesempatan ini juga dibuka konsultasi Layanan SIINAS, TKDN, Surat Rekomendasi Merek, Pengujian Kopi, Kalibrasi, SNI, Informasi Standardisasi, Hak Kekayaan Intelektual (HKI), Administrasi Hukum Umum (AHU), Fasilitasi Kemasan, Konsultasi Pengujian Produk (K3L, TKDN), Jasa Standardisasi Produk Logam serta Calon Mitra Ritel. 

Tak hanya itu, akan hadir pula layanan publik lain, seperti Samsat Keliling, Penjualan Produk Pangan Beras SPHP, Cek Kesehatan Gratis, Klinik Perlindungan Konsumen, Jasa Perbankan, Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK), Layanan Pengaduan Sistem Pembayaran, Layanan Kesehatan Hewan hingga Perpustakaan Keliling.

“Salah satu rangkaian utama Jabar Kabisa 2025 adalah Konsumen Cerdas Festival, yang diisi dengan kegiatan talkshow interaktif seputar literasi konsumen dan pelaku usaha. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat agar lebih cerdas, bijak, dan berdaya dalam bertransaksi serta mendorong pelaku usaha untuk lebih bertanggung jawab dan ramah terhadap konsumennya,” katanya.

"Nah, 2 hari ini kita terjemahkan hal tersebut, bagaimana kemudian memunculkan pelaku usaha yang berkualitas produk barang yang terstandarisasi dan kemudian bisa diakses oleh masyarakat. Oleh karena itu, kita juga ngebangun pelayanan terpadu yang tidak kurang dari 30 pelayanan untuk legalisasi perizinan itu kita munculkan di sini sehingga masyarakat bisa mengakses," tuturnya.

Jabar Kabisa 2025 juga menampilkan pameran produk unggulan Jabar yang terbagi ke dalam tiga zona utama, yaitu Pasar Minggon Industri dan Perdagangan (Pasamoan), Promosi Bersama (Probes), dan Produk Berstandar. 

"Kita menampilkan pameran produk-produk dari para pelaku usaha terutama IKM yang sudah memiliki standarisasi. Jadi kualitasnya terjamin merupakan produk dalam negeri. Kemudian juga teman-teman IKM atau UKM yang memiliki produk yang prospektif untuk kemudian dikembangkan ke depannya," katanya.

Dari agenda ini Nining berharap bisa lahir konsumen yang memiliki kapasitas untuk bisa cerdas, teliti dalam membeli produk, juga terciptanya ekosistem perdagangan yang mengedepankan penggunaan produk dalam negeri. "Sehingga nanti kita bisa berdaya ke depannya dan juga untuk meningkatkan literasi masyarakat untuk kemudian mengetahui hak dan kewajibannya," tuturnya.


Editor: Maji