Menurut Survei, 72% Orang Indonesia Menggunakan E-wallet sebagai Pilihan Metode Pembayaran dalam E-Commerce

Jumat, 1 September 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Seiring perkembangan dunia digital, konsumen Indonesia makin tertarik pada pengalaman belanja yang mudah dalam platform e-commerce.

DARA | Kemudahan mencari berbagai macam barang hanya dengan browsing dan melakukan pembelian tanpa meninggalkan kenyamanan rumah, benar-benar telah mengubah cara masyarakat berbelanja.

Kecepatan transaksi diproses dan dikirim, bahkan seringkali melebihi waktu pembelian offline, sehingga sangat sesuai dengan gaya hidup masyarakat Indonesia modern yang serba cepat.

Setiap tahun, Jakpat melakukan survei untuk memahami tren ini. Di semester pertama 2023 ini, survei dilakukan kepada 1485 responden, mengenai trend penggunaan e-commerce sebagai media berbelanja.

Survei dilakukan sepanjang bulan Februari hingga Mei 2023, untuk memahami perilaku masyarakat dalam belanja online, penggunaan e-commerce, serta strategi marketing yang digunakan baik platform e-commerce maupun penjual dalam platform tersebut.

Laporan Jakpat menunjukkan, bahwa 88% dari online shopper melakukan transaksi di semester pertama 2023 ini.

Sebanyak 72% responden yang telah melakukan pembelian dalam e-commerce menggunakan e-wallet atau digital wallet sebagai pilihan metode pembayaran.

Diikuti pembayaran menggunakan COD di posisi kedua, lalu mobile banking/Internet banking, paylater di posisi keempat, hingga transfer ATM.

Tidak hanya kecepatan dan kemudahan, adanya jaminan kredibilitas pedagang online terkemuka dalam menjaga kualitas produk, keamanan transaksi, dan layanan pelanggan yang dapat diandalkan, telah membangun rasa kepercayaan pada konsumen Indonesia.

Hal ini senada dengan yang disampaikan oleh Aska Primardi, Head of Research Jakpat, “Kemudahan, kecepatan, dan kredibilitas penjual membuat aktivitas belanja online masih menjadi hal yang menarik bagi masyarakat Indonesia. Ketiga value itu nampaknya mulai bisa menggantikan value diskon yang memang dirasakan mulai berkurang sejak tahun lalu. Value inilah yang saat ini terlihat menjadi standar minimum pelayanan yang dimiliki oleh mayoritas e-commerce.”

Fenomena Live Shopping dan Affiliate Link

Live shopping muncul sebagai evolusi yang menarik dari pengalaman belanja online, gabungan dari elemen partisipatif dalam media sosial dan daya tarik belanja itu sendiri. Riset Jakpat menunjukkan, 9 dari 10 online shoppers, pernah menonton live shopping.

Siaran live shopping yang dipandu oleh brand atau influencer, menampilkan dagangan dan interaksi langsung dengan penonton sebagai calon pembeli tanpa batasan lokasi.

Interaksi dalam live shopping ini memungkinkan konsumen untuk berkomunikasi langsung, untuk mengajukan pertanyaan, mendapatkan jawaban, serta mempelajari lebih lanjut tentang serba-serbi produk.

Berkat format ini, kegiatan belanja online yang pasif seolah-olah menjadi event komunitas. Di sisi lain, kombinasi media sosial dan live shopping seakan menciptakan rasa eksklusivitas dan urgensi.

Terkait dengan fenomena ini, Aska juga menyampaikan, “Konsumen mencari unique value dari pengalaman berbelanja mereka. Live shopping menjadi contoh nyata dalam hal ini.

Pengalaman belanja real-time dalam waktu terbatas, pengalaman interaksi spontan secara langsung dengan penjual dan shopper lain, adanya kejutan-kejutan dari host-nya, ditambah lagi persepsi bahwa produk yang dijual tersebut stoknya terbatas, membuat seseorang akan menjadi loyal shopper”.

Di sisi lain, laporan Jakpat kali ini juga menyoroti adanya affiliate link dalam belanja online. Berfungsi sebagai penghubung konsumen dan produk, affiliate link menawarkan kerja sama yang saling menguntungkan bagi pembeli dan si pembuat konten.

Tautan ini, yang sering disertakan dalam posting media sosial atau situs web ulasan, memungkinkan influencer atau affiliator untuk merekomendasikan produk tertentu kepada audiens mereka. Hal ini menunjukkan adanya simbiosis mutualisme antara e-commerce, penjual, dan pembuat konten, yang mendorong adanya endorsement produk yang jujur, serta memberi konsumen kontrol yang lebih besar terhadap pengalaman pembelian mereka.

Laporan Jakpat menunjukkan bahwa 8 dari 10 online shoppers pernah membuka tautan dari affiliate link di media sosial, dan lebih dari setengahnya memutuskan untuk membeli dari tautan tersebut.

Berapa rupiah dihabiskan konsumen dalam sebulan untuk belanja online? Apakah konsumen benar-benar melakukan pembelian dalam sesi live shopping? Bagaimana dengan persaingan antar e-commerce? Dengan mengklik tautan ini, Anda dapat mengakses informasi terperinci dari laporan Jakpat, “Indonesia E-commerce Trends 2023”:
https://blog.jakpat.net/indonesia-e-commerce-trends-1st-semester-of-2023/

Tentang Jakpat

Jakpat adalah platform riset one-stop-service yang telah ada di industri ini selama 9 tahun, yang menghubungkan perusahaan/pemasar/mahasiswa dengan lebih dari 1.200.000 responden mobile kami di seluruh Indonesia dan mendapatkan wawasan dari mereka hanya dalam beberapa jam.

Sepanjang perjalanan, kami telah membantu lebih dari 3.000 klien dari berbagai industri untuk mendapatkan wawasan dan mengumpulkan pendapat dari panel komunitas kami yang dikelola dari seluruh Indonesia dengan memanfaatkan platform survei kami, tim ahli kami dan mengumpulkan pendapat dari konsumen Anda secara real time.

Editor: denkur | Sumber: Rilis

 

Berita Terkait

PT Kaffah Sentral Indonesia Lahirkan Inovasi Tepung Praktis untuk Kue dan Roti Berkualitas Premium
Pos Indonesia Dukung Program Nasional Koperasi Merah Putih
PosIND dan Bank Muamalat Luncurkan Layanan Tabungan Haji di Kantor Pos
PT Pos Indonesia Raih Penghargaan Top CSR Awards 2025
POSDIGI Hadirkan Meterai Tempel Asli dari PERURI di Marketplace: Cegah Peredaran Meterai Palsu
Jemaah Masih di Makkah, Pos Indonesia Sudah Antar Oleh-oleh Haji Sampai Rumah
PosDigi Perkenalkan Wajah Baru Komitmen, Menjadi Perusahaan Teknologi
Pos Indonesia Dukung Permen Layanan Pos Komersial untuk Ciptakan Iklim Usaha Kondusif
Berita ini 13 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 25 Juni 2025 - 11:54 WIB

PT Kaffah Sentral Indonesia Lahirkan Inovasi Tepung Praktis untuk Kue dan Roti Berkualitas Premium

Minggu, 22 Juni 2025 - 14:38 WIB

Pos Indonesia Dukung Program Nasional Koperasi Merah Putih

Rabu, 18 Juni 2025 - 17:15 WIB

PosIND dan Bank Muamalat Luncurkan Layanan Tabungan Haji di Kantor Pos

Senin, 16 Juni 2025 - 12:55 WIB

PT Pos Indonesia Raih Penghargaan Top CSR Awards 2025

Kamis, 5 Juni 2025 - 16:29 WIB

POSDIGI Hadirkan Meterai Tempel Asli dari PERURI di Marketplace: Cegah Peredaran Meterai Palsu

Berita Terbaru

JABAR

Satu Keluarga Tewas Tertimbun Longsor di Cisewu Garut

Kamis, 26 Jun 2025 - 17:29 WIB

Foto: Istimewa

BANDUNG UPDATE

Pemdaprov Jabar dan TNI AD Teken Komitmen Bersama, Ini Isinya

Kamis, 26 Jun 2025 - 17:18 WIB

Foto: Istimewa

BANDUNG UPDATE

PWI Jabar Dukung Kongres Persatuan

Rabu, 25 Jun 2025 - 19:42 WIB