Praktik Pembukuan Sederhana Melalui Microsoft Excel dalam Membangun Generasi Cerdas

Kamis, 21 Desember 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Pembukuan sederhana adalah proses pencatatan keuangan secara sederhana.

DARA | Dilakukan mulai dari kas masuk dan kas keluar untuk membantu anak-anak dalam mengatur keuangan untuk mencapai tujuan sederhana mereka.

Penggunaan Microsoft Excel sebagai alat pelatihan akan membantu anak-anak belajar tentang pengaturan anggaran, pelacakan pengeluaran, dan analisis keuangan secara praktis dan efektif.

Excel memiliki fitur yang memungkinkan mereka membuat tabel, grafik, rumus, dan fungsi yang akan berguna dalam mengelola keuangan pribadi atau bisnis di masa depan.

Dengan rumus-rumus yang sudah langsung otomatis dihitung oleh Microsoft Excel menjadikan pengalaman baru bagi mereka bahwa pembukuan sederhana bisa lebih cepat dari pada pembukuan sederhana manual.

Dengan melakukan pembukuan sederhana melalui Microsoft Excel akan menjadikan anak-anak tumbuh menjadi generasi cerdas dalam mengelola keuangan untuk tujuan jangka Panjang dan jangka pendek seperti cara mengatur uang tabungan untuk menonton bioskop atau membeli sepatu impian.

Praktik ini dilaksanakan pada tanggal 11 November 2023 di Yayasan Aruna Surya Bestari bertempat di Jl. Pamulang Permai 1 Blok A16 No9 RT003/RW010, Pamulang Barat, Pamulang, Tangerang Selatan, Banten.

Dihadiri 30 peserta yaitu anak-anak Yayasan Aruna Surya Bestari.

Dalam pembahasan Materi PMKM kali ini dikemas dalam presentasi teori dan praktik dalam kurun waktu 1 jam yang dibawakan Mahasiswa aktif Universitas Pamulang yang terdiri dari Khafah Nurfauziah selaku ketua kelompok, Farah Nadya Az-zahra, Fariz Ila Saesar, dan Susi Mayasari Sihotang selaku anggota serta dibimbing Dr Rusdi S.P.,M.Si selaku Dosen Universitas Pamulang.

Kegiatan PMKM ini diawali dengan penjelasan teori apa itu pembukuan sederhana dan bagaimana contoh pembukuan sederhana lalu dilanjutkan dengan penjelasan apa itu generasi cerdas keuangan dan bagaimana menjadi generasi cerdas keuangan.

“Penggambaran contoh kami lakukan dengan melakukan presentasi dan komunikasi 2 arah agar anak-anak
memahami sambil bertanya,” ujar Khafah Nurfauziah dalam rilis, Kamis (21/12/2023).

Tujuan PMKM Pelatihan Pembukuan Sederhana Melalui Microsoft Excel Dalam Membangun Generasi Cerdas Mengelola Keuangan antara lain:
1. Meningkatkan pemahaman peserta terhadap manfaat dari penggunaan perangkat lunak Microsoft Excel dalam menjaga keuangan pribadi atau keluarga.
2. Mengajarkan teknik-teknik pengelolaan data keuangan dan analisis yang efektif menggunakan fungsi-fungsi Excel.
3. Membekali peserta dengan keterampilan untuk membuat laporan, grafik, dan tabel yang dapat membantu dalam mengambil keputusan finansial yang bijak.
4. Memotivasi dan memberikan semangat kepada peserta untuk menjadi generasi cerdas yang mampu mengelola keuangan dengan baik dan memberikan manfaat bagi diri sendiri dan masyarakat luas.

Anak-anak yang sudah paham akan teknologi merasa tertantang dengan praktik kali ini karena dengan adanya rumus yang langsung terupdate otomatis membuat anak-anak penasaran dan dapat menyesuaikan diri dengan praktik pembukuan sederhana kali ini.

Praktik dengan menghubungkan dengan kehidupan sehari-hari seperti “Praktik Pembukuan Es Kul-kul “ agar laba penjualan yang dihasilkan dapat ditabung dan digunakan untuk tujuan jangka pendek atau panjang.

Secara keseluruhan kegiatan ini berjalan sangat efektif karena antusias anak-anak dalam pembukuan sederhana melalui Microsoft Excel sangat terlihat yang membuat sekitar termotivasi dan menumbuhkan jiwa generasi cerdas dalam mengelola keuangan sejak dini.

Editor: denkur

Berita Terkait

Wakil KOPERTAIS Menjelaskan Terkait Wisuda STIT-At Taqwa dan STIT Muhammadyah
Perilaku Etis dalam Profesi Akuntansi: Pentingnya Integritas dan Kepercayaan
Wisuda ke-40 Universitas Paramadina, Berbekal Kitab dan Hikmah Generasi Muda Hadapi Tantangan Masa Depan
The Room 19 Library Space, Bikin Betah Baca Buku
Siswa Sampoerna Academy Raih 59 Penghargaan di SASMO-Singapore and Asian Schools Math Olympiad
Sekda Herman Suryatman Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan dari IPDN
Berkaca dari Tragedi Ciater, Kadisdik Jabar Imbau Begini tentang Study Tour Sekolah
Begini Manfaat Aplikasi Sapawarga untuk PPDB 2024
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 10 Juli 2024 - 21:29 WIB

Wakil KOPERTAIS Menjelaskan Terkait Wisuda STIT-At Taqwa dan STIT Muhammadyah

Kamis, 27 Juni 2024 - 22:18 WIB

Perilaku Etis dalam Profesi Akuntansi: Pentingnya Integritas dan Kepercayaan

Sabtu, 15 Juni 2024 - 20:49 WIB

Wisuda ke-40 Universitas Paramadina, Berbekal Kitab dan Hikmah Generasi Muda Hadapi Tantangan Masa Depan

Kamis, 6 Juni 2024 - 15:13 WIB

The Room 19 Library Space, Bikin Betah Baca Buku

Senin, 3 Juni 2024 - 19:37 WIB

Siswa Sampoerna Academy Raih 59 Penghargaan di SASMO-Singapore and Asian Schools Math Olympiad

Berita Terbaru


Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bandung Hj. Emma Dety  Permanawati mengalungkan ID Card kepada peserta Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar Kwartir di Bumi Perkemahan Gentong, Kelurahan Jelekong, Kecamatan Baleendah, Sabtu (13/7/2024).(Foto: diskominfo)

EKSKUL

Emma Dety Ajak Anggota Pramuka Jadi Agen Perubahan

Sabtu, 13 Jul 2024 - 15:30 WIB