Tren Wisata 2024: Inlah Liburan Ideal Versi Gen Z dan Milenial

Selasa, 5 November 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy


Gen Z lebih memprioritaskan aspek keamanan dan tempat-tempat dengan spot foto menarik.(Foto: jakpat)

Gen Z lebih memprioritaskan aspek keamanan dan tempat-tempat dengan spot foto menarik.(Foto: jakpat)

Sebanyak 26% responden lainnya memilih liburan dalam kota tanpa menginap.

DARA| Berlibur dapat memberikan kesempatan bagi tubuh dan pikiran untuk beristirahat dari kesibukan serta rutinitas harian. Guna memahami tren terkini dalam dunia pariwisata, Jakpat melakukan survei terhadap 1.448 responden yang berbagi rencana liburan mereka untuk enam bulan ke depan.

Sebanyak 36% responden berencana berlibur ke luar kota, terutama Milenial. Sebanyak 26% responden lainnya memilih liburan dalam kota tanpa menginap. Di sisi lain, 38% Gen Z belum memiliki rencana liburan untuk periode tersebut.

Milenial cenderung merencanakan liburan bersama keluarga atau pasangan mereka, sedangkan Gen Z lebih memilih berlibur dengan teman-teman. Sebanyak 64% responden berencana menikmati liburan singkat selama satu hingga tiga hari. Berdasarkan kelas ekonomi, kelompok kelas atas cenderung merencanakan liburan lebih lama, seperti empat hingga tujuh hari.

Tujuan Liburan

Menghilangkan stres menjadi alasan berlibur bagi 66% responden. Jika diperinci, Milenial dan perempuan lebih tertarik wisata kuliner, sedangkan Gen Z dan laki-laki lebih focus mencari pengalaman baru dan waktu untuk diri sendiri (me time).

Saat memilih lokasi wisata, tiga dari lima responden mempertimbangkan biaya. Milenial cenderung memperhatikan aktivitas yang bisa dilakukan, lokasi, dan variasi kuliner yang tersedia. Di sisi lain, Gen Z lebih memprioritaskan aspek keamanan dan tempat-tempat dengan spot foto menarik.

Septiana Widi Sugiastuti, Research Lead Jakpat menyoroti ketertarikan masyarakat dalam berwisata sambil melakukan kegiatan yang mendukung kesehatan fisik dan mental.

“Berkembangnya wellness tourism dapat memberikan peluang bagi industri pariwisata dengan mengembangkan paket wisata kesehatan atau program wellness. Ini bisa dipasarkan sebagai cara untuk menyegarkan tubuh dan pikiran, khususnya untuk kalangan pekerja urban yang mencari destinasi pelepas penat.”

Memilih oleh-oleh

Sebanyak 63% responden menyiapkan dana untuk membeli oleh-oleh, terutama di antara mereka yang sudah memiliki anak. Jenis oleh-oleh yang paling digemari adalah makanan khas daerah, yang dipilih oleh 87% responden.

Souvenir seperti gantungan kunci, tempelan magnet, dan miniatur, menjadi pilihan kedua terbanyak dengan persentase 57%. Sebesar 84% responden membeli buah tangan di toko pusat oleh-oleh, sementara 1 dari 2 responden membelinya di lokasi wisata.

Septiana juga merekomendasikan kepada pemilik tempat wisata untuk memanfaatkan platform e-commerce guna mempermudah proses pembelian oleh-oleh.

“Fitur pemesanan online bisa dipromosikan di lokasi wisata agar wisatawan dapat melakukan pemesanan dengan lebih praktis. Selain itu, media sosial dapat digunakan untuk menunjukkan proses pembuatan makanan, kisah di balik produk, dan cerita budaya yang terkait. Hal ini akan membuat oleh-oleh tersebut lebih menarik dan dapat membangun loyalitas konsumen. Kolaborasi dengan influencer lokal juga dapat menjadi strategi yang efektif.”

Ingin tahu tipe liburan yang disukai oleh para responden serta anggaran yang mereka persiapkan? Unduh laporan “Indonesian Travel Preferences” melalui tautan berikut: https://insight.jakpat.net/indonesian-travel-preferences-2024/.

Editor: Maji

Berita Terkait

Hadiri Sidang Paripurna Dewan Bandung Barat, Kang Dedi Disambut Histeris Warga
Waspada! Nyamuk Malaria tak Kenal Batas Negara
Presiden Prabowo akan Jalani Sejumlah Agenda di St. Petersburg
Atlet NPCI Harumkan Nama Bandung Barat di Kancah Internasional
Asia Menjadi Pusat Investigasi Terbesar Terhadap Industri Telur Global
Mayat Pria di Samping Pangkalan Ojek Pasar Andir Bayongbong Garut Gegerkan Warga
Tegas, Ketua PWI Kabupaten Bandung Larang Wartawan “Main Mata” dalam SPMB
Terus Kembangkan Suplai ke Timur Indonesia, WSBP Selesaikan Pengiriman Produk Square Pile Proyek Kantor Majelis Rakyat Papua
Berita ini 58 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 19 Juni 2025 - 21:39 WIB

Hadiri Sidang Paripurna Dewan Bandung Barat, Kang Dedi Disambut Histeris Warga

Kamis, 19 Juni 2025 - 14:33 WIB

Waspada! Nyamuk Malaria tak Kenal Batas Negara

Kamis, 19 Juni 2025 - 14:15 WIB

Presiden Prabowo akan Jalani Sejumlah Agenda di St. Petersburg

Kamis, 19 Juni 2025 - 14:09 WIB

Atlet NPCI Harumkan Nama Bandung Barat di Kancah Internasional

Kamis, 19 Juni 2025 - 12:49 WIB

Asia Menjadi Pusat Investigasi Terbesar Terhadap Industri Telur Global

Berita Terbaru

Foto: Istimewa

JABAR

Pemkot Sukabumi Gelar Dialog Advokasi Percepatan ODF

Jumat, 20 Jun 2025 - 17:59 WIB

MANCANEGARA

Satu Abad Pers Revolusioner Vietnam: Wartawan Juga Prajurit

Jumat, 20 Jun 2025 - 09:52 WIB