Top, BNNK Bandung Barat Klaim Program Dua Tahun Terakhir Terealisasi100 Persen

Rabu, 27 Desember 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Berbagai program BNNK Bandung Barat 2022-2023 terealisasi 100 persen.

DARA | Ini capaian Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Bandung Barat. Meski masih dihadapkan dengan berbagai kendala.

Kepala BNNK Bandung Barat, M Julian menyebutkan, persoalan terbatasnya personel serta minimnya dukungan anggaran, menjadi kendala tersendiri bagi BNNK Bandung Barat.

“Alhamdulillah, pada akhirnya kita bisa menyelesaikan berbagai program berkat kerja sama yang baik dengan semua komponen masyarakat. Selama dua tahun terakhir, program-program kita rata-rata tercapai 100 persen,” ujar Julian saat jumpa pers di Kantor BNNK Bandung Barat Komplek Perkantoran KBB-Ngamprah, Rabu (27/12/2023).

Hingga saat ini, personel BNNK Bandung Barat hanya terdiri dari 28 orang dengan wilayah garapan 16 kecamatan meliputi 165 desa se-KBB.

Sementara, secara umum persoalan yang dihadapi negeri ini, adalah permasalahan yang cukup serius yakni darurat narkotika.

Begitu juga di wilayah KBB, masalah peredaran gelap narkotika menjadi persoalan yang tidak bisa diabaikan. Oleh sebab itu, BNNK Bandung Barat berupaya keras dengan bantuan semua stackeholder untuk memerangi peredaran gelap narkotika serta prekursor narkotika.

Menurut Julian, hal itu sebagai upaya pihaknya menyelamatkan generasi penerus bangsa yang tangguh dan berkarakter menuju Indonesia maju.

“Kita berharap semua kalangan untuk ikut andil dan mengambil peran dalam menyelesaikan permasalahan narkotika ini,” harapnya.

Salah satu program BNN yang digulirkan di KBB dan mendapat respon positif dari masyarakat adalah Program Desa Bersih Narkotika atau Desa Bersinar.

Hingga saat ini, Julian menyebutkan dari 165 desa sudah terbentuk 33 Desa Bersinar yang menjadi program BNN pusat tersebut.

Harapannya seluruh desa di wilayah KBB, bisa membentuk Desa Bersinar. Namun terkendala dengan dukungan anggaran.

Menurutnya, BNN pusat dalam setahun hanya memberikan pembentukan 2 Desa Bersinar. Bisa mencapai jumlah 33 Desa Bersinar karena tahun-tahun sebelumnya BNNK Bandung Barat memperoleh dana hibah dari Pemda KBB.

“Saat masih mendapat bantuan hibah, kita bisa membentuk 5 sampai 7 Bersinar. Kalau sekarang kita arahkan desa bisa mandiri, agar membentuk Desa Bersinar,” ucapnya.

Salah satu diantaranya Desa Cimareme Kecamatan Padalarang, yang berhasil membentuk Desa Bersinar secara mandiri.

Secara umum, nampaknya desa-desa tersebut merespon untuk membentuk Desa Bersinar tersebut. Pihaknya tinggal memberikan arahan, karena rata-rata pemerintahan desa masih khawatir tersangkut persoalan di kemudian hari jika menganggarkan pembentukan Desa Bersinar teraebut.

“Tapi kita sudah berkoodinasi dengan Bapelitbangda dan DPMD untuk pembentukan secara mandiri Desa Bersinar ini,” jelas Julian.

Sementara, selain program Desa Bersinar pihaknya telah berhasil melaksanakan program lainnya di bawah binaan seksi-seksi BNNK Bandung Barat.

Seperti diketahui, di BNNK Bandung Barat terdapat Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M), Seksi Rehabilitasi dan Seksi Pemberantasan.

Berdasarkan catatan BNNK Bandung Barat, program kegiatan yang berada di ketiga seksi tersebut mampu mencapai target hingga 100 persen, bahkan ada diantaranya yang melebihi target.

Editor: denkur | Keterangan gambar: Ketua BNNK Bandung Barat, M Julian bersama para seksi sesuai bidang garapannya (Foto: Ist)

Berita Terkait

Sahabat8’84 SMPN 1 Margahayu Gelar Reuni, Ketua Alumni Berpesan Tetap Tumbuhkan Silaturahmi dan Persaudaraan
Simak Nih, 13 Penghargaan Yang Diboyong Pemkab Bandung Sepanjang Peringatan Harganas 2024
Prakiraan Cuaca Bandung, Senin 22 Juli 2024
Lokasi Mobil SIM Keliling di Kabupaten Bandung, Senin 22 Juli 2024
Lokasi Mobil SIM Keliling di Kota Bandung, Senin 22 Juli 2024
Prakiraan Cuaca Bandung, Minggu 21 Juli 2024
Kang Arfi Harap Kelompok Rentan Dapat Perhatian Ekstra
Prakiraan Cuaca Bandung, Sabtu 20 Juli 2024
Berita ini 1 kali dibaca
Tag :

Berita Terkait

Senin, 22 Juli 2024 - 19:53 WIB

Sahabat8’84 SMPN 1 Margahayu Gelar Reuni, Ketua Alumni Berpesan Tetap Tumbuhkan Silaturahmi dan Persaudaraan

Senin, 22 Juli 2024 - 10:46 WIB

Simak Nih, 13 Penghargaan Yang Diboyong Pemkab Bandung Sepanjang Peringatan Harganas 2024

Senin, 22 Juli 2024 - 07:55 WIB

Prakiraan Cuaca Bandung, Senin 22 Juli 2024

Senin, 22 Juli 2024 - 07:50 WIB

Lokasi Mobil SIM Keliling di Kabupaten Bandung, Senin 22 Juli 2024

Senin, 22 Juli 2024 - 07:47 WIB

Lokasi Mobil SIM Keliling di Kota Bandung, Senin 22 Juli 2024

Berita Terbaru

CATATAN

PASCA JOE BIDEN Dari Zampoli Hingga Johnson

Senin, 22 Jul 2024 - 19:05 WIB

DISDIK

Proyek e- Katalog Disdik Jabar Jadi Sorotan

Senin, 22 Jul 2024 - 18:36 WIB