Tokopedia Ungkap Tren Belanja Parfum Sepanjang Tahun

Rabu, 16 November 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy


Tokopedia juga mengungkapkan bahwa jumlah penjual parfum, fragrance, dan cologne naik hampir 1,5x lipat pada September 2022 dibandingkan September 2021 (Foto: Ist)

Tokopedia juga mengungkapkan bahwa jumlah penjual parfum, fragrance, dan cologne naik hampir 1,5x lipat pada September 2022 dibandingkan September 2021 (Foto: Ist)

Tokopedia juga mengungkapkan bahwa jumlah penjual parfum, fragrance, dan cologne naik hampir 1,5x lipat pada September 2022 dibandingkan September 2021.


DARA| Parfum atau wewangian tubuh telah menjadi kebutuhan sehari-hari. Tidak hanya menambah kesegaran, parfum juga dapat meningkatkan kepercayaan diri saat melakukan aktivitas di luar rumah. Tingginya kebutuhan akan produk wewangian ini, turut berdampak pada tren penjualan parfum termasuk merek lokal di Tokopedia.

“Menurut data internal kami, jumlah pembeli dan transaksi produk parfum, fragrance dan cologne naik hampir 2,5x lipat pada September 2022 dibandingkan periode yang sama tahun lalu,” ungkap Category Development (Beauty and Personal Care) Senior Lead Tokopedia, Sherine Pranata.

Sementara itu, Tokopedia juga mencatat Kabupaten di Indonesia dengan peningkatan jumlah transaksi parfum, fragrance, dan cologne pada kuartal III 2022 dibandingkan kuartal III 2021 ada di Kabupaten Kampar (Riau), Jepara (Jawa Tengah), Demak (Jawa Tengah), Lampung Tengah (Lampung), Bungo (Jambi). Sedangkan kecamatan dengan transaksi tertinggi ada di Tahunan (Banten), Rajabasa (Lampung), Cibeber (Jawa Tengah), Jatinangor (Jawa Barat), Simokerto (Jawa Timur).


Tokopedia juga mengungkapkan bahwa jumlah penjual parfum, fragrance, dan cologne naik hampir 1,5x lipat pada September 2022 dibandingkan September 2021.(Foto: Ist)

Di sisi lain, Tokopedia juga mengungkapkan bahwa jumlah penjual parfum, fragrance, dan cologne naik hampir 1,5x lipat pada September 2022 dibandingkan September 2021.

Ciptakan Produk Parfum Lokal Berkualitas, HMNS Gandeng Pegiat Usaha Lokal

Salah satu produsen parfum lokal yang saat ini sedang naik daun adalah HMNS. Ketertarikan CEO and Founder HMNS, Rizky Arief Dwi dalam membuat usaha ini berawal dari keresahannya melihat harga parfum yang beredar di pasar sangat mahal.

“Saat saya memulai usaha ini di 2019, belum banyak penghasil parfum di Indonesia. Di sinilah saya melihat peluang usaha sambil menciptakan produk parfum berkualitas dengan harga terjangkau. Sekaligus juga terus mengenalkan bahan baku mentah asli dari Indonesia,” jelasnya.

Dalam menghasilkan produk parfum yang berkualitas, Rizky pun berkolaborasi dengan 15-20 produsen lokal mulai dari pabrik hingga pengemasan. Ia menambahkan, “Kami juga bekerja sama dengan perkebunan-perkebunan lokal untuk bahan-bahan produk HMNS, salah satunya adalah kebun yang terletak di Aceh.”


Sejak aktif dalam kampanye di Tokopedia, seperti Tokopedia Beauty Dealight dan Tokopedia Beauty Awards, keuntungan HMNS pun naik sebesar 2x lipat.(Foto: Ist)

Manfaatkan Tokopedia, Jangkau Pasar yang Lebih Luas

Tokopedia sejak awal telah menjadi platform teknologi yang dipilih HMNS dalam memasarkan produknya. “Sejak menggunakan Tokopedia, kami dapat memperluas jangkauan produk kami hingga Papua, sehingga menumbuhkan pendapatan hingga 20-30 kali lipat,” terang Rizky.

HMNS pun kerap mengikuti beberapa kampanye Tokopedia seperti Tokopedia Beauty Dealight dan Tokopedia Beauty Awards. “Sejak aktif dalam kampanye tersebut, keuntungan kami pun naik sebesar 2x lipat,” tambahnya. Selain aktif mengikuti kampanye Tokopedia, Rizky turut menyampaikan bahwa dalam waktu dekat HMNS akan berkolaborasi dengan figur publik dalam varian produk barunya dan akan dijual pada laman Official Store HMNS.

“Tokopedia terus berkomitmen dalam memberikan panggung seluas-luasnya bagi pegiat usaha lokal, termasuk UMKM dalam memulai hingga mengembangkan bisnisnya, salah satunya lewat inisiatif hyperlocal. Harapannya agar produk lokal dapat meraja di negeri sendiri dan terus menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia,” tutup Sherine Pranata.

 

Editor: Maji

Berita Terkait

Bapenda Jabar Perkuat Sinergi dengan Kabupaten Kota untuk Optimalisasi PAD
Pemilik Tanah Terploting Kantor Pemkab Bandung Barat, Menanti Kepastian 15 Tahun
Putri Karlina Terkejut Ada Siswa SMA di Garut Bunuh Diri Diduga Korban Perundungan
MPLS SMA di Jabar Riang Gembira, Wagub Erwan: Tanamkan Kedisiplinan
Siswa SMA di Garut Bunuh Diri Diduga Korban Perundungan, Ini Kronologis Sebenarnya
Sekolah Rakyat, Visi Besar Presiden Prabowo untuk Putus Kemiskinan Melalui Pendidikan
Kawasan Batik Trusmi Cirebon Ditata Ulang, Polresta Tertibkan Manusia Silver
KKJB 2025 Digelar, Targetkan Transaksi Langsung Rp15 Miliar

Berita Terkait

Rabu, 16 Juli 2025 - 16:45 WIB

Bapenda Jabar Perkuat Sinergi dengan Kabupaten Kota untuk Optimalisasi PAD

Rabu, 16 Juli 2025 - 16:37 WIB

Pemilik Tanah Terploting Kantor Pemkab Bandung Barat, Menanti Kepastian 15 Tahun

Rabu, 16 Juli 2025 - 11:29 WIB

MPLS SMA di Jabar Riang Gembira, Wagub Erwan: Tanamkan Kedisiplinan

Rabu, 16 Juli 2025 - 11:01 WIB

Siswa SMA di Garut Bunuh Diri Diduga Korban Perundungan, Ini Kronologis Sebenarnya

Selasa, 15 Juli 2025 - 15:38 WIB

Sekolah Rakyat, Visi Besar Presiden Prabowo untuk Putus Kemiskinan Melalui Pendidikan

Berita Terbaru

CATATAN

PUING GAZA “Bias Kognitif” Israel ke Hamas

Rabu, 16 Jul 2025 - 17:57 WIB