Tokopedia Ungkap Tren Belanja Parfum Sepanjang Tahun

Rabu, 16 November 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy


Tokopedia juga mengungkapkan bahwa jumlah penjual parfum, fragrance, dan cologne naik hampir 1,5x lipat pada September 2022 dibandingkan September 2021 (Foto: Ist)

Tokopedia juga mengungkapkan bahwa jumlah penjual parfum, fragrance, dan cologne naik hampir 1,5x lipat pada September 2022 dibandingkan September 2021 (Foto: Ist)

Tokopedia juga mengungkapkan bahwa jumlah penjual parfum, fragrance, dan cologne naik hampir 1,5x lipat pada September 2022 dibandingkan September 2021.


DARA| Parfum atau wewangian tubuh telah menjadi kebutuhan sehari-hari. Tidak hanya menambah kesegaran, parfum juga dapat meningkatkan kepercayaan diri saat melakukan aktivitas di luar rumah. Tingginya kebutuhan akan produk wewangian ini, turut berdampak pada tren penjualan parfum termasuk merek lokal di Tokopedia.

“Menurut data internal kami, jumlah pembeli dan transaksi produk parfum, fragrance dan cologne naik hampir 2,5x lipat pada September 2022 dibandingkan periode yang sama tahun lalu,” ungkap Category Development (Beauty and Personal Care) Senior Lead Tokopedia, Sherine Pranata.

Sementara itu, Tokopedia juga mencatat Kabupaten di Indonesia dengan peningkatan jumlah transaksi parfum, fragrance, dan cologne pada kuartal III 2022 dibandingkan kuartal III 2021 ada di Kabupaten Kampar (Riau), Jepara (Jawa Tengah), Demak (Jawa Tengah), Lampung Tengah (Lampung), Bungo (Jambi). Sedangkan kecamatan dengan transaksi tertinggi ada di Tahunan (Banten), Rajabasa (Lampung), Cibeber (Jawa Tengah), Jatinangor (Jawa Barat), Simokerto (Jawa Timur).


Tokopedia juga mengungkapkan bahwa jumlah penjual parfum, fragrance, dan cologne naik hampir 1,5x lipat pada September 2022 dibandingkan September 2021.(Foto: Ist)

Di sisi lain, Tokopedia juga mengungkapkan bahwa jumlah penjual parfum, fragrance, dan cologne naik hampir 1,5x lipat pada September 2022 dibandingkan September 2021.

Ciptakan Produk Parfum Lokal Berkualitas, HMNS Gandeng Pegiat Usaha Lokal

Salah satu produsen parfum lokal yang saat ini sedang naik daun adalah HMNS. Ketertarikan CEO and Founder HMNS, Rizky Arief Dwi dalam membuat usaha ini berawal dari keresahannya melihat harga parfum yang beredar di pasar sangat mahal.

“Saat saya memulai usaha ini di 2019, belum banyak penghasil parfum di Indonesia. Di sinilah saya melihat peluang usaha sambil menciptakan produk parfum berkualitas dengan harga terjangkau. Sekaligus juga terus mengenalkan bahan baku mentah asli dari Indonesia,” jelasnya.

Dalam menghasilkan produk parfum yang berkualitas, Rizky pun berkolaborasi dengan 15-20 produsen lokal mulai dari pabrik hingga pengemasan. Ia menambahkan, “Kami juga bekerja sama dengan perkebunan-perkebunan lokal untuk bahan-bahan produk HMNS, salah satunya adalah kebun yang terletak di Aceh.”


Sejak aktif dalam kampanye di Tokopedia, seperti Tokopedia Beauty Dealight dan Tokopedia Beauty Awards, keuntungan HMNS pun naik sebesar 2x lipat.(Foto: Ist)

Manfaatkan Tokopedia, Jangkau Pasar yang Lebih Luas

Tokopedia sejak awal telah menjadi platform teknologi yang dipilih HMNS dalam memasarkan produknya. “Sejak menggunakan Tokopedia, kami dapat memperluas jangkauan produk kami hingga Papua, sehingga menumbuhkan pendapatan hingga 20-30 kali lipat,” terang Rizky.

HMNS pun kerap mengikuti beberapa kampanye Tokopedia seperti Tokopedia Beauty Dealight dan Tokopedia Beauty Awards. “Sejak aktif dalam kampanye tersebut, keuntungan kami pun naik sebesar 2x lipat,” tambahnya. Selain aktif mengikuti kampanye Tokopedia, Rizky turut menyampaikan bahwa dalam waktu dekat HMNS akan berkolaborasi dengan figur publik dalam varian produk barunya dan akan dijual pada laman Official Store HMNS.

“Tokopedia terus berkomitmen dalam memberikan panggung seluas-luasnya bagi pegiat usaha lokal, termasuk UMKM dalam memulai hingga mengembangkan bisnisnya, salah satunya lewat inisiatif hyperlocal. Harapannya agar produk lokal dapat meraja di negeri sendiri dan terus menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia,” tutup Sherine Pranata.

 

Editor: Maji

Berita Terkait

Realisasi Belanja Pemprov Jabar Capai 52%, Tertinggi di Nasional
Deal, Bupati Bandung dan Ketua DPRD Teken KUA-PPAS Tahun 2026
Indikator Masyarakat Sehat Mandiri di Kabupaten Bandung Nilainya Dibawah 100 Poin
Bupati Bandung Tegaskan Kades dan BPD Jangan Ragu Menjalankan Koperasi Merah Putih
Presiden Prabowo Resmikan 6 Kodam Baru, Inilah Nama-nama Pangdamnya
Organisasi Ekstra Legal, Relawan sebagai Hama Politik
Super League 2025/26: Gol Cantik Febri Kunci Kemenangan Persib atas Semen Padang
Sambut HUT ke 80 RI, KAI Tawarkan Promo Kiriman Merdekaku, Begini Caranya

Berita Terkait

Selasa, 12 Agustus 2025 - 09:14 WIB

Realisasi Belanja Pemprov Jabar Capai 52%, Tertinggi di Nasional

Senin, 11 Agustus 2025 - 22:26 WIB

Deal, Bupati Bandung dan Ketua DPRD Teken KUA-PPAS Tahun 2026

Senin, 11 Agustus 2025 - 20:08 WIB

Bupati Bandung Tegaskan Kades dan BPD Jangan Ragu Menjalankan Koperasi Merah Putih

Minggu, 10 Agustus 2025 - 19:26 WIB

Presiden Prabowo Resmikan 6 Kodam Baru, Inilah Nama-nama Pangdamnya

Minggu, 10 Agustus 2025 - 13:37 WIB

Organisasi Ekstra Legal, Relawan sebagai Hama Politik

Berita Terbaru


Bupati Bandung Dadang Supriana dan Ketua DPRD Renie Rahayu  menandatangani Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) tahun 2026, serta persetujuan Propemperda 2026, pada Rapat Paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Bandung, Senin (11/8/2025).(Foto: maji/dara)

BANDUNG UPDATE

Deal, Bupati Bandung dan Ketua DPRD Teken KUA-PPAS Tahun 2026

Senin, 11 Agu 2025 - 22:26 WIB