Tips Menjaga Kebugaran selama Berpuasa

mm

Selasa, 19 Maret 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ilustrasi (Foto: NU Online)

Ilustrasi (Foto: NU Online)

Makanan padat nutrisi tidak hanya membantu menjaga kesehatan fisik selama berpuasa, namun juga mendukung kestabilan emosi dan akan membantu merasa kenyang lebih lama.

DARA | Demikian dikatakan seorang ahli diet senior Rumah Sakit Wockhardt di Mira Road Mumbai, Riya Desai.

Berikut tips menjaga gizi seimbang selama berpuasa di bulan Ramadan, seperti dikutip dari PMJNews melansir Hindustan Times, Selasa (19/3/2024):

1. Asupan tepat
Desai menyarankan untuk menggabungkan pola makan seimbang yang mencakup beragam buah-buahan, sayuran, biji-bijian. Selain itu, protein dapat membantu menjaga tingkat energi dan mendukung kesejahteraan secara keseluruhan.

“Dengan merencanakan makanan secara hati-hati dan menggabungkan beragam bahan, seseorang dapat meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan selama bulan Ramadhan,” jelas Desai.

2. Jaga Hidrasi Tubuh
Hidrasi penting untuk mencegah berbagai masalah kesehatan. Konsumsi makanan asin, pedas, dan gorengan harus sangat dibatasi untuk menghindari rasa haus saat berpuasa.

Pilihlah cairan yang tidak banyak mengandung kafein karena dapat menyebabkan dehidrasi. Ingatlah untuk berbuka puasa dengan air terlebih dahulu untuk memastikan hidrasi sebelum terganggu dengan berbagai hidangan berbuka puasa.

3. Kontrol Kalori
Makanan yang digoreng dan makanan manis memberi lebih banyak kalori dan konsumsi harian dapat menyebabkan fluktuasi berat badan dan mencegah fluktuasi kadar gula darah, serta meningkatkan pencernaan.

Cobalah memasukkan lemak sehat. Daripada menggoreng, disarankan untuk mencoba metode memasak seperti mengukus, memasak dengan saus, menggoreng dengan sedikit minyak, dan memanggang.

4. Kontrol Porsi Makanan
Seseorang tidak boleh makan berlebihan sebelum atau sesudah puasa. Kontrol porsi dengan memahami kapan tubuh sudah kenyang, biasanya diperlukan waktu 20 menit. Makan dengan penuh perhatian dan pemahaman saat rasa lapar terpuaskan sangatlah penting.

Praktik makan yang penuh kesadaran ini mengurangi stres secara keseluruhan pada tubuh dan menyediakan energi berkelanjutan jika dibandingkan dengan makan dalam jumlah besar sekaligus.

5. Rahasia Sukses Sahur
Mulailah hari dengan santapan sahur bergizi yang mencakup karbohidrat kompleks seperti biji-bijian, otmeal, millet, protein seperti dal, kacang-kacangan, produk susu rendah lemak, lentil, ayam, telur, dan lemak sehat dari salmon, alpukat.

Kemudian kacang-kacangan tanpa garam dan minyak sayur untuk menopang sepanjang hari. Dianjurkan untuk minum banyak cairan dan memilih makanan kaya cairan seperti sup dan jus agar tetap terhidrasi sepanjang hari.

6. Saran Berbuka Puasa
Mengonsumsi tiga buah kurma saat berbuka puasa adalah cara tradisional dan sehat untuk memulai berbuka puasa. Kurma merupakan sumber serat dan memberikan energi instan.

Mengonsumsi cairan dalam jumlah yang cukup terutama air putih akan membantu memulihkan keseimbangan cairan dan mencegah dehidrasi.

Gabungkan banyak sayuran untuk menyediakan vitamin dan nutrisi penting. Pilih biji-bijian, yang memberi tubuh energi dan serat. Nikmati daging tanpa lemak yang dipanggang atau dibakar, ayam dan ikan tanpa kulit, untuk mendapatkan porsi protein sehat yang baik.***

Editor: denkur

Berita Terkait

H+2 Lebaran Lalu Lintas Lancar Terkendali, Minggu Puncak Arus Balik
Selama Arus Mudik hingga H+2 Lebaran, Enam Jenis Penyakit Ini Menyerang Pemudik
Ini Fasilitas Yang Disediakan di Posko Lebaran Simpang Tol Padalarang
Arus Mudik Cirebon-Kuningan Lancar, Sekda Jabar :Puskesmas dan RSUD Siaga
Pemuda Persis PC Katapang Mengisi Malam Ganjil Ramadan dengan Kajian
Tarawih Keliling, Sekda Herman Suryatman Silaturahmi dengan Forkopimda Jabar
Ada 193 Juta Pemudik Bakal Melintasi Wilayah Jawa Barat, Hindari Titik Kepadatan Lalulintas Ini
Mengisi Ramadan, IKWI-PWI Kabupaten Bandung Santuni Anak Yatim di Pesantren Hidayatul Hikmah

Berita Terkait

Jumat, 12 April 2024 - 14:32 WIB

H+2 Lebaran Lalu Lintas Lancar Terkendali, Minggu Puncak Arus Balik

Jumat, 12 April 2024 - 13:54 WIB

Selama Arus Mudik hingga H+2 Lebaran, Enam Jenis Penyakit Ini Menyerang Pemudik

Selasa, 9 April 2024 - 00:00 WIB

Ini Fasilitas Yang Disediakan di Posko Lebaran Simpang Tol Padalarang

Senin, 8 April 2024 - 23:38 WIB

Arus Mudik Cirebon-Kuningan Lancar, Sekda Jabar :Puskesmas dan RSUD Siaga

Sabtu, 6 April 2024 - 23:58 WIB

Pemuda Persis PC Katapang Mengisi Malam Ganjil Ramadan dengan Kajian

Rabu, 3 April 2024 - 13:30 WIB

Tarawih Keliling, Sekda Herman Suryatman Silaturahmi dengan Forkopimda Jabar

Rabu, 27 Maret 2024 - 23:16 WIB

Ada 193 Juta Pemudik Bakal Melintasi Wilayah Jawa Barat, Hindari Titik Kepadatan Lalulintas Ini

Jumat, 22 Maret 2024 - 22:45 WIB

Mengisi Ramadan, IKWI-PWI Kabupaten Bandung Santuni Anak Yatim di Pesantren Hidayatul Hikmah

Berita Terbaru

Foto: Kominfo

HEADLINE

Pemerintah Bentuk Satgas Penanganan Pornografi Anak

Jumat, 19 Apr 2024 - 16:06 WIB