Tak Kunjung Terbitkan Komitmen Bebas Sangkar, Animal Friends Jogja Hadiahi McDonald’s Telur Penuh Darah

Sabtu, 1 Juni 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Jalanan di depan Gerai McDonald’s Sudirman dipenuhi empat belas aktivis perlindungan satwa yang tergabung dalam Animal Friends Jogja (AFJ).

DARA | Mengenakan kostum dan memegang poster, para aktivis melakukan aksi sebagai bentuk desakan terhadap McDonald’s Indonesia yang tak kunjung menunjukkan kepedulian mereka terhadap kesejahteraan ayam petelur dengan mengeluarkan komitmen bebas sangkar (cage-free).

McDonald’s Indonesia tertinggal jauh dari perusahaan-perusahaan pesaingnya dalam penerapan standar kesejahteraan hewan yang lebih tinggi.

Bahkan, mereka juga belum menerapkan standar kesejahteraan hewan yang sama dengan McDonald’s lain di berbagai belahan dunia.

McDonald’s di Kanada, Amerika Serikat, Amerika Latin, Eropa dan Australia, telah berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan ayam-ayam petelur dari rantai pasoknya, dengan mengeluarkan komitmen bebas sangkar. Namun, hingga kini, McDonald’s Indonesia belum membuat komitmen serupa.

“They’re Not Lovin’ It”, demikian bunyi salah satu poster yang dibawa oleh seorang aktivis, menunjukkan potret ayam petelur dengan keadaan menyedihkan di dalam kandang sangkar atau yang lebih dikenal dengan istilah kandang baterai.

Dua orang aktivis terlihat mengenakan kostum ayam dengan bulu yang rontok dan tubuh penuh luka. Salah satu dari mereka memegang telur berukuran besar yang dipenuhi darah dan kotoran, dan lainnya meringkuk di dalam kandang, sebagai simbol penderitaan para ayam petelur di dalam kandang baterai.

Beberapa aktivis lain terlihat memegang berbagai poster yang memperlihatkan desakan agar McDonald’s Indonesia segera mengumumkan komitmen bebas sangkarnya.

“Sebagai salah satu restoran cepat saji terbesar di Indonesia, McDonald’s punya kekuatan untuk membuat perubahan yang lebih baik dalam rantai pasoknya,” ungkap Dhiani Probhosiwi, Manajer Kampanye AFJ Farmed Animals Advocacy, sembari memegang selebaran berisi desakan kepada McDonald’s untuk disebarkan kepada para pengguna jalan.

“Namun, mereka membiarkan diri tertinggal dari para pesaingnya, seperti Burger King, Pizza Hut, atau KFC terkait standar kesejahteraan hewan yang lebih tinggi. Mereka telah memiliki komitmen bebas sangkar, sedangkan McDonald’s Indonesia bahkan tidak memberikan respons apapun terkait desakan bebas sangkar dari publik,” tuturnya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Sabtu (1/6/2024).

Kandang baterai tidak sesuai dengan lima prinsip kebebasan hewan yang dikeluarkan oleh World Organisation for Animal Health (OIE), sebab dalam satu kandang sempit, satu hingga dua ayam dikerangkeng selama kurang lebih dua tahun untuk memproduksi telur hingga dianggap tidak menguntungkan lagi dan dibawa ke penjagalan.

Ayam-ayam petelur tidak dapat mengekspresikan perilaku alami yang penting untuk kesehatan mereka karena ruang gerak satu individu ayam tidak lebih besar dari selembar kertas A4. Hal ini menyebabkan tingkat stres yang tinggi dan frustrasi.

Mereka juga rentan mengalami luka fisik karena tersangkut di jeruji, berpotensi tinggi mengalami patah tulang, dan juga kerontokan bulu (kebotakan) akibat gesekan terus menerus dengan jeruji.

Ayam-ayam di kandang baterai terpaksa hidup dalam atmosfer yang beracun. Uap amonia dari tumpukan kotoran di bawah kandang menyebabkan mata terbakar, penyakit pernapasan kronis, dan infeksi pernafasan yang bisa menyebabkan kebutaan.

Telur dari kandang baterai memiliki potensi kontaminasi Salmonella sp. yang lebih tinggi dibandingkan telur dari peternakan cage-free.

Ironisnya, menurut data Badan Pusat Statistik, populasi ayam ras petelur di Indonesia pada tahun 2022 mencapai 378.590.549, dengan lebih dari 80% peternakan ayam petelur masih menggunakan sistem kandang baterai.

Aksi ini ditutup dengan usaha AFJ untuk menyerahkan properti telur berukuran besar dengan corak darah dan kotoran, bertuliskan “Go Cage-Free, McDoanld’s!”, sebagai simbol penderitaan ayam petelur yang dipaksa menjadi mesin pencetak telur di dalam kandang baterai.

Namun, McDonald’s menolak. Penolakan ini sejalan dengan sikap McDonald’s yang hingga kini belum menunjukkan ketertarikannya untuk meningkatkan kesejahteraan ayam petelur dalam rantai pasok mereka, sesuai dengan desakan-desakan dari para aktivis perlindungan satwa dan permintaan konsumen agar mereka segera menerbitkan komitmen bebas sangkar.***

Editor: denkur

Berita Terkait

Lewat Si Duli, Pemerintah Libatkan Masyarakat Sapu Bersih Pungli
Ocean Conservation Project: UNIQLO Gelar Aksi Bersih Pantai di Wakatobi
Presiden Jokowi: Upacara HUT ke-79 RI Digelar di IKN dan Istana Jakarta
Desiminasi Media yang berkualitas, Demi Pilkada Serentak 2024 yang Aman dan Damai
BPIP Sedang Menyiapkan Paskibraka yang Bertugas dalam Upacara HUT Kemerdekaan di IKN
Investasi di IKN Adalah Membeli Masa Depan
Perilaku Sehat Seumur Hidup, jangan Tunggu Ada Pandemi Lagi
TNI Siap Ditempatkan di Jalur Gaza, Palestina
Berita ini 7 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 13 Juni 2024 - 11:26 WIB

Lewat Si Duli, Pemerintah Libatkan Masyarakat Sapu Bersih Pungli

Kamis, 13 Juni 2024 - 10:29 WIB

Ocean Conservation Project: UNIQLO Gelar Aksi Bersih Pantai di Wakatobi

Rabu, 12 Juni 2024 - 12:25 WIB

Presiden Jokowi: Upacara HUT ke-79 RI Digelar di IKN dan Istana Jakarta

Selasa, 11 Juni 2024 - 19:01 WIB

Desiminasi Media yang berkualitas, Demi Pilkada Serentak 2024 yang Aman dan Damai

Selasa, 11 Juni 2024 - 11:33 WIB

BPIP Sedang Menyiapkan Paskibraka yang Bertugas dalam Upacara HUT Kemerdekaan di IKN

Senin, 10 Juni 2024 - 21:48 WIB

Investasi di IKN Adalah Membeli Masa Depan

Sabtu, 8 Juni 2024 - 14:39 WIB

Perilaku Sehat Seumur Hidup, jangan Tunggu Ada Pandemi Lagi

Jumat, 7 Juni 2024 - 14:56 WIB

TNI Siap Ditempatkan di Jalur Gaza, Palestina

Berita Terbaru

Foto: Istimewa

HEADLINE

Piala Eropa 2024, Jerman Pesta Gol ke Gawang Skotlandia

Sabtu, 15 Jun 2024 - 09:23 WIB

Foto: miga/dara.co.id

BANDUNG UPDATE

Prakiraan Cuaca Bandung, Sabtu 15 Juni 2024

Sabtu, 15 Jun 2024 - 08:31 WIB

mobil sim keliling kota Bandung

BANDUNG UPDATE

Lokasi Mobil SIM Keliling di Kota Bandung, Sabtu 15 Juni 2024

Sabtu, 15 Jun 2024 - 08:27 WIB