Survei Jakpat: 75% Orang Senang Pakai Produk Olahraga Lokal

Senin, 8 Juli 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Olahraga tak melulu soal aktivitas fisik. Namun, pakaian yang dikenakan, aplikasi penunjang yang digunakan, hingga komunitas yang diikuti, kini menjadi bahasan ketika berbicara soal berolahraga.

DARA | Jakpat mengadakan survei untuk mengetahui preferensi pakaian olahraga dan kebiasaan pasca-olahraga.

Laporan yang melibatkan 3934 responden Gen Z dan Milenial ini juga membahas tentang penggunaan aplikasi olahraga dan partisipasi dalam komunitas olahraga.

Memilih pakaian olahraga

Survei Jakpat menemukan bahwa 6 dari 10 orang menganggap pakaian olahraga penting.

Beberapa apparel olahraga yang dianggap penting untuk digunakan adalah sepatu (86%), kaos kaki (48%), celana pendek (38%), jersey (34%), dan legging (33%).

Lima barang ini juga cenderung dimiliki oleh sebagian besar responden.

Ada sejumlah pertimbangan dalam membeli pakaian olahraga. Harga terjangkau adalah alasan utama para responden dalam memilih pakaian olahraga yang ingin dibeli (67%).

Pertimbangan lain adalah kualitas (60%) dan ketersediaan pakaian olahraga (34%), baik secara online maupun di toko.

Produk lokal lebih disenangi

Produk lokal ternyata makin diminati. Tiga dari 4 responden mengaku menggunakan pakaian olahraga lokal. Sejumlah jenama domestik yang disukai adalah Specs (15%), Mills (7%), dan Eiger (5%).

“Dengan apresiasi terhadap produk dalam negeri, konsumen saat ini lebih menyukai brand sports apparel lokal seperti Specs, Eiger, dan Mills. Hal ini mengindikasikan bahwa merek lokal mampu memenuhi kebutuhan dengan harga yang terjangkau, namun tetap mempertahankan kualitas yang bersaing,” ujar Lead Researcher Jakpat, Farida Hasna.

Meski demikian, 46% responden juga senang dengan produk olahraga internasional. Beberapa merek yang disenangi adalah Nike (47%), Adidas (34%), dan Puma (6%).

Gabung komunitas dan mengikuti influencer lokal

Sebanyak 18% responden bergabung dengan komunitas olahraga.

Ada berbagai alasan mereka mengikuti komunitas olahraga, seperti menambah jaringan (48%), bertukar informasi seputar olahraga (48%), hingga sebagai motivasi untuk berolahraga (47%).

Perkumpulan yang diikuti di antaranya komunitas sepak bola (18%), komunitas bulu tangkis (16%), dan dan komunitas lari (14%). Sebanyak 5% responden mengaku bergabung dalam komunitas Indorunners.

Selain ikut komunitas, mengikuti influencer di media sosial juga menjadi salah satu cara konsisten olahraga.

Survei Jakpat menemukan bahwa 4 dari 10 orang mencari inspirasi untuk lebih rajin berolahraga melalui influencer lokal.

Alasan lain mem-follow influencer adalah untuk mendapatkan tips hidup sehat (46%) dan merasa idola mereka keren (36%).

Menanggapi hal ini, Hasna menilai bahwa selain dari komunitas olahraga, influencer juga memainkan peran penting dalam memotivasi masyarakat untuk berolahraga.

“Di era digital ini, masyarakat menganggap influencer olahraga sebagai sumber inspirasi, edukasi, dan motivasi untuk menjalani gaya hidup aktif dan sehat. Bahkan, influencer dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli apparel olahraga, alat olahraga, dan produk terkait lainnya,” tutur Hasna dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Senin (8/7/2024).

Bagaimana dengan aplikasi olahraga, seberapa Gen Z dan Milenial tertarik menggunakannya? Apa saja kegiatan yang biasa dilakukan setelah berolahraga?

Dapatkan hasilnya dengan data mendetail dalam laporan Jakpat “Indonesia Sports Habits and Healthy Lifestyle Part 2” pada tautan berikut: https://blog.jakpat.net/indonesia-sports-habits-and-healthy-lifestyle-part-2/

Informasi lebih lanjut, silakan hubungi: Sri Yanti Nainggolan, Marketing Communication Executive yanti@jakpat.net

Editor: denkur

Berita Terkait

Kolaborasi CIMB Niaga Syariah dan Batununggal Group Luncurkan Affinity Card untuk Keanggotaan Eksklusif
Tingkatkan Kesadaran Kanker, FIFGROUP Gelar Edukasi dan Deteksi Dini Ikhtisar
Hadirkan Kenyamanan Maksimal untuk Penumpang, Maxim Luncurkan Layanan Bike XL di Bandung, Sukabumi, dan Tasikmalaya
Maxim Luncurkan Layanan Bike XL di Bandung, Sukabumi, dan Tasikmalaya
Koperasi Miliki Peran Penting Lengkapi Ekosistem Usaha Rakyat
Jawa Barat Dorong Ekspor Kopi dan Kakao ke Filipina
Bidik Sektor Pendidikan, Kesehatan dan UMKM, bank bjb Syariah Sinergi dengan Muhammadiyah
Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Raih Dua Penghargaan The International CSR Excellence Awards 2024
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 13 Juli 2024 - 11:39 WIB

Kolaborasi CIMB Niaga Syariah dan Batununggal Group Luncurkan Affinity Card untuk Keanggotaan Eksklusif

Sabtu, 13 Juli 2024 - 11:29 WIB

Tingkatkan Kesadaran Kanker, FIFGROUP Gelar Edukasi dan Deteksi Dini Ikhtisar

Sabtu, 13 Juli 2024 - 10:39 WIB

Hadirkan Kenyamanan Maksimal untuk Penumpang, Maxim Luncurkan Layanan Bike XL di Bandung, Sukabumi, dan Tasikmalaya

Jumat, 12 Juli 2024 - 14:29 WIB

Maxim Luncurkan Layanan Bike XL di Bandung, Sukabumi, dan Tasikmalaya

Jumat, 12 Juli 2024 - 13:18 WIB

Koperasi Miliki Peran Penting Lengkapi Ekosistem Usaha Rakyat

Berita Terbaru

Foto: Istimewa

JABAR

Sekda Kabupaten Sukabumi Minta ASN Tetap Jaga Kekompakan

Senin, 15 Jul 2024 - 16:16 WIB



Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin  membuka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Ajaran 2024/2025 di SMA Negeri 5, Kota Bekasi, Senin (15/7/2024).(Foto: Biro Adpim Jabar)

EDUKASI

Pesan Bey Machmudin: Siswa Baru Jangan Tegang Ikut MPLS

Senin, 15 Jul 2024 - 14:55 WIB