Sistem Pengendalian Manajemen pada PT Unilever Indonesia Tbk

Jumat, 21 Juni 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Perkembangan perekonomian era globalisasi di Indonesia saat ini telah mendorong munculnya persaingan yang sangat ketat dalam dunia usaha, dimana dunia usaha akan menghadapi persaingan usaha yang sangat berbeda dibandingkan dengan masa lalu, sehingga diperlukan suatu sistem pengendalian manajemen.

DARA | Menurut Mulyadi (2011:3) sistem pengendalian manajemen adalah suatu sistem yang digunakan untuk merencanakan sasaran masa depan yang hendak dicapai oleh organisasi, merencanakan kegiatan untuk mencapai sasaran tersebut, serta mengimplementasikan dan memantau pelaksanaan rencana yang telah ditetapkan.

Sistem pengendalian manajemen merupakan kunci untuk menjaga keberlangsungan dan kelangsungan operasional suatu perusahaan. Penerapan sistem pengendalian manajemen PT Unilever Indonesia dilakukan melalui sistem informasi manajemen yang terintegrasi.

Sistem ini memberikan informasi yang akurat dan real time tentang operasional perusahaan dan memungkinkan manajer di semua tingkatan untuk membuat keputusan yang lebih baik dan lebih cepat.

Namun, penerapan sistem pengendalian manajemen PT Unilever Indonesia belum mencapai tingkat optimal yang diinginkan. Kurangnya keterlibatan manajemen atau pemahaman mendalam tentang dinamika pasar dalam konteks
perencanaan strategis.

PT Unilever Indonesia terus menghadapi tekanan eksternal dan internal yang kuat, termasuk persaingan yang ketat dan tuntutan pasar yang selalu berubah. Oleh karena itu, kebutuhan akan sistem pengendalian manajemen yang optimal sangat penting untuk mengelola risiko, mengoptimalkan kinerja dan memastikan kepatuhan terhadap peraturan PT Unilever Indonesia.

Profil Sejarah Singkat PT Unilever Indonesia Tbk

PT Unilever Indonesia didirikan pada 5 Desember 1933 sebagai Zeepfabrieken N.V.

Pada tanggal 22 Juli 1980 nama perusahaan diubah menjadi PT Levers Brothers Indonesia, dan mengubah nama perusahaan lagi pada tanggal 30 Juni 1997 nama perusahaan menjadi PT Unilever Indonesia Tbk. Induk usaha Unilever Indonesia adalah Unilever Indonesia Holding B.V.

Sedangkan induk usaha utama adalah Unilever N.V., Belanda. Kantor pusat Unilever berlokasi di Grha Unilever, BSD Green Office Park Kav. 3, Jln BSD Boulevard Barat, BSD City, Tangerang 15345, dan pabrik berlokasi di Jl. Jababeka 9 Blok D, Jl. Jababeka Raya Blok O, Jl. Jababeka V Blok V No. 14-16, Kawasan Industri Jababeka Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, serta Jl. Rungkut Industri IV No. 5-11, Kawasan Industri Rungkut, Surabaya, Jawa
Timur. Telp: (62-21) 8082-7000 (Hunting), Fax: (62-21) 8082-7002.

PT Unilever Indonesia merupakan salah satu perusahaan multinasional terbesar di dunia yang bergerak di bidang produksi Home and Personal Care, Food and Ice Cream.

PT Unilever Indonesia juga telah menjadi pemimpin pasar untuk produk Home and Personal Care, Food and Ice Cream di Indonesia.

Visi, Misi, Tujuan PT Unilever Indonesia Tbk

PT Unilever Indonesia mempunyai visi, yaitu “Untuk meraih rasa cinta dan penghargaan dari masyarakat Indonesia dengan menyentuh kehidupan setiap orang Indonesia secara positif setiap harinya.”

Ada beberapa misi dalam perusahaan pada PT Unilever Indonesia Tbk, yaitu:
1. Kami bekerja untuk menciptakan masa depan yang lebih baik setiap harinya.
2. Kami membantu konsumen merasa nyaman, berpenampilan baik dan lebih menikmati hidup melalui brand dan layanan yang baik bagi mereka dan orang lain.
3. Kami menginspirasi masyarakat untuk melakukan langkah kecil setiap harinya yang jika digabungkan dapat mewujudkan perubahan besar bagi dunia.
4. Kami senantiasa mengembangkan cara baru dalam berbisnis yang memungkinkan kami tumbuh dua kali lipat sambil mengurangi dampak terhadap lingkungan, dan meningkatkan dampak sosial.

Tujuan Perusahaan kami menyatakan bahwa untuk bisa sukses perlu “standar perilaku perusahaan tertinggi terhadap siapa saja yang bekerja dengan kami, masyarakat yang terlibat dengan kami, dan lingkungan yang menerima dampak dari kami.”

Tata Nilai Perusahaan

Adapun beberapa elemen tata nilai yang dilakukan PT Unilever Indonesia, yaitu:
1. Integritas
Kami berkomitmen terhadap integritas karena hal itu membangun reputasi kami, karena itu kami tidak pernah mengenal kompromi Integritas menentukan bagaimana kami berperilaku, di mana pun kami berada. Integritas memandu kami melakukan tindakan yang henar untuk keberhasilan jangka panjang PT Unilever Indonesia.
2. Rasa Hormat
Kami berkomitmen untuk saling menghormati karena setiap orang harus diperlakukan hormat, jujur dan adil. Kami menghargai keberagaman dan kami menghormati orang atas dasar siapa mereka dan apa yang mereka lakukan.
3. Tanggung Jawab
Kami berkomitmen terhadap tanggung jawab karena kami ingin menjaga konsumen, lingkungan dan masyarakat di mana kami beroperasi. Kami mengemban tanggung jawab tersebut secara pribadi dan senantiasa melaksanakan apa yang kami katakan.
4. Semangat Kepeloporan
Kami berkomitmen untuk menjalankan semangat kepeloporan karena hal inii yang awalnya membuat bisnis kami ada, dan hal itulah yang sampai saat ini masih menjadi penggerak kami untuk terus tumbuh.

Semangat ini memberi kami gairah untuk menang dan untuk menciptakan masa depan yang lebih haik. Artinya, kami senantiasa siap untuk mengambil risiko secara cerdas.***

Artikel ini ditulis Siti Alfiyati Nazmi, Program studi S1 Akuntansi Mahasiswa Universitas Pamulang.

Editor: denkur

Berita Terkait

Sosok Pemimpin KBB ke Depan, Bagaimana Parpol?
Sistem Pengendalian Manajamen terhadap PT Campina Ice Cream Industry
PT Mitsuba Indonesia Produsen Komponen Elektrik Ternama di Dunia
Sistem Pengendalian Manajemen pada PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk
Sistem Pengendalian Manajemen pada PT Gudang Garam Tbk
Ketahanan Air : Air Sebagai Sumber Kehidupan
Pengendalian Organisasi Jasa pada Bank BSI
Sistem Pengendalian Internal Manajeman: PT Telkom Group
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Kamis, 27 Juni 2024 - 10:44 WIB

Sosok Pemimpin KBB ke Depan, Bagaimana Parpol?

Jumat, 21 Juni 2024 - 10:54 WIB

Sistem Pengendalian Manajemen pada PT Unilever Indonesia Tbk

Kamis, 20 Juni 2024 - 17:18 WIB

Sistem Pengendalian Manajamen terhadap PT Campina Ice Cream Industry

Selasa, 18 Juni 2024 - 09:53 WIB

PT Mitsuba Indonesia Produsen Komponen Elektrik Ternama di Dunia

Selasa, 18 Juni 2024 - 09:42 WIB

Sistem Pengendalian Manajemen pada PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk

Berita Terbaru

Foto: Istimewa

JABAR

Sekda Kabupaten Sukabumi Minta ASN Tetap Jaga Kekompakan

Senin, 15 Jul 2024 - 16:16 WIB



Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin  membuka Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Ajaran 2024/2025 di SMA Negeri 5, Kota Bekasi, Senin (15/7/2024).(Foto: Biro Adpim Jabar)

EDUKASI

Pesan Bey Machmudin: Siswa Baru Jangan Tegang Ikut MPLS

Senin, 15 Jul 2024 - 14:55 WIB