Sistem Pengendalian Internal Manajeman: PT Telkom Group

Kamis, 30 Mei 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ilustrasi beberapa berita dari portal media online (Foto: Istimewa)

Ilustrasi beberapa berita dari portal media online (Foto: Istimewa)

Oleh: Nursyifa Rahmawati, Mahasiswi Universitas Pamulang

Secara umum, Setiap perusahaan membutuhkan pengawasan dan pengendalian pada saat menjalankan fungsi yang ada didalamnya, ini penting untuk memastikan semua kegiatan perusahaan berjalan dengan lancar.

Tujuannya adalah memastikan bahwa perusahaan dapat menjalankan apa yang menajadi tujuan dari perusahaan dapat berjalan dengan lancar dan mencegah adanya kecurangan atau penyelewangan yang dilakukan oleh pihak-pihak tertentu.

Pengendalian internal manajemen merupakan serangkaian prosedur dan kebijakan yang diterapkan untuk memastikan bahwa operasi perusahaan berjalan sesuai dengan standar yang ditetapkan, serta untuk mengidentifikasi dan mengelola risiko yang berkaitan dengan pelaksanaan kegiatan perusahaan.

Dalam perusahaan, pengendalian internal merupakan pondasi yang penting bagi keberhasilan dan keberlajutan perusahaan. Dengan menerapkan pengendalian internal yang efektif, perusahaan dapat mengurangi resiko, meningkatkan kinerja operasional, dan memastikan kepatuhan terhadap standar etika dan hukum yang berlaku.

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk., memiliki unit audit internal atau intenal audit (IA) yang bertanggung jawab untuk melakukan audit internal terhadap pengandalian intenal perusahaan. Unit ini menerapkan berbagai pengendalian internal untuk mencegah dan mendeteksi pelanggaran, termasuk pelanggaran hukum dan peraturan.

Unit internal audit (IA) yang dimiliki Telkom berfungsi untuk memberikan pandangan independen dan objektif mengenai kondisi pengendalian intenal, pengelolaan resiko, dan proses tata kelola perusahaan (GCG) dalam kegiatan bisnis yang mereka jalani.

Dalam kasus terbaru, yang bersumber dari berbagai portal media online, diberitakan bahwa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerima pengaduan dari pihak internal audit PT Telkom Group, hal ini merupakan sebuah temuan pihak manajemen dari hasil audit internal yang telah dilakukan perusahaan, bahwasannya terdapat dugaan korupsi pengadaan barang dan jasa fiktif di Telkom Group.

Dari dugaan korupsi tersebut para pelaku tersangka diduga melakukan tindakan ilegal dalam pengeluaran dana, yang mengakibatkan kerugian keuangan negara mencapai ratusan miliar rupiah.

Dikutip dari CNBC Indonesia, Andri Herawan Sasokoc, selaku VP Investor Relations TLKM mengonfirmasi bahwa saat ini ada proses hukum di KPK yang melibatkan salah satu anak perusahaan mereka. Kasus ini merupakan hasil temuan dari Audit Investigasi Telkom sebagai bagian dari upaya untuk menerapkan Good corporate government (GCG).

Pihak perwakilan dari Telkom Grup tersebut juga mengatakan dan menegaskan bahwa pihaknya menghormati dan mendukung penuh upaya hukum yang dilakukan KPK.

Dari adanya kasus tersebut maka dapat disimpulkan bahwa unit internal audit yang dimiliki Telkom Group menunjukan kegagalan dalam melakukan fungsinya sebagai salah satu bagian dari sistem pengendalian internal manajemen perusahaan kerena, gagal mencegah dan mendeteksi perilaku pelanggaran berupa praktik korupsi di dalam perusahaan.

Maka perlu adanya evaluasi ulang dalam sistem pengendalian internal agar mencegah terulangnya korupsi di masa mendatang.***

Editor: denkur

Berita Terkait

Ketahanan Air : Air Sebagai Sumber Kehidupan
Pengendalian Organisasi Jasa pada Bank BSI
Opini : Starlink Berbahaya Bagi Indonesia
Kang DS Sulit Dikalahkan
Koalisi Partai Jelang Pilkada Serentak 2024 Bandung Barat
Etika dalam Profesi Akuntasi
Jangan Biarkan Perempuan, Andalkan Kerlingan Mata!
Catatan Djamu Kertabudi : Isu Klasik Jelang Pemilukada KBB
Berita ini 12 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 31 Mei 2024 - 16:30 WIB

Ketahanan Air : Air Sebagai Sumber Kehidupan

Kamis, 30 Mei 2024 - 16:11 WIB

Pengendalian Organisasi Jasa pada Bank BSI

Kamis, 30 Mei 2024 - 15:52 WIB

Sistem Pengendalian Internal Manajeman: PT Telkom Group

Selasa, 21 Mei 2024 - 10:56 WIB

Opini : Starlink Berbahaya Bagi Indonesia

Minggu, 12 Mei 2024 - 20:28 WIB

Kang DS Sulit Dikalahkan

Jumat, 10 Mei 2024 - 15:24 WIB

Koalisi Partai Jelang Pilkada Serentak 2024 Bandung Barat

Minggu, 5 Mei 2024 - 17:38 WIB

Etika dalam Profesi Akuntasi

Minggu, 21 April 2024 - 14:26 WIB

Jangan Biarkan Perempuan, Andalkan Kerlingan Mata!

Berita Terbaru

Foto: Istimewa

HEADLINE

Piala Eropa 2024, Jerman Pesta Gol ke Gawang Skotlandia

Sabtu, 15 Jun 2024 - 09:23 WIB

Foto: miga/dara.co.id

BANDUNG UPDATE

Prakiraan Cuaca Bandung, Sabtu 15 Juni 2024

Sabtu, 15 Jun 2024 - 08:31 WIB

mobil sim keliling kota Bandung

BANDUNG UPDATE

Lokasi Mobil SIM Keliling di Kota Bandung, Sabtu 15 Juni 2024

Sabtu, 15 Jun 2024 - 08:27 WIB