Seruput Kopi Ala Hengki Kurniawan,Hemmm Nikmatnya Kopi Bandung Barat

Sabtu, 18 Juni 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Hengki Kurniawan saat mencicipi kopi Bandung Barat, disela-sela Bandung Barat Expo 2022, Sabtu (18/6/2022). (Foto : heny/dara.co.id)

Hengki Kurniawan saat mencicipi kopi Bandung Barat, disela-sela Bandung Barat Expo 2022, Sabtu (18/6/2022). (Foto : heny/dara.co.id)

Melihat potensi kopi KBB yang luar biasa tersebut, Hengki berharap bisa menunjang perekonomian masyarakat.


DARA- Kopi Kabupaten Bandung Barat (KBB) terkenal dengan kenikmatan rasanya dan aroma yang khas. Kopi Bandung Barat juga, telah dikenal di dunia bisnis hingga ke mancanegara.

Pada kesempatan Bandung Barat Expo 2022 di halaman IKEA Kotabaru Parahyangan-Padalarang, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan KBB menyelenggarakan festival kopi unggulannya.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat Hengki Kurniawan diberi kesempatan untuk cara meminum kopi Bandung Barat nikmat, dipandu oleh salah seorang barista.

“Tentunya, saya sangat menikmati sekali minum kopi (dengan sajian khusus) seperti ini. Tiga tahun terakhir ini kebetulan saya jadi penikmat kopi,” ujarnya, disela-sela Bandung Barat Expo 2022, Sabtu (18/6/2022).

Kopi Bandung Barat, memang memiliki cita rasa tersendiri sehingga Hengki menyatakan ketagihan.

Sebagai orang nomor satu di KBB, Hengki bangga lantaran produk KBB mampu bersaing dengan di belahan dunia.

Menurutnya, karena cita rasanya itulah kopi Bandung Barat, karena dicari orang. Bahkan sudah dikenal di beberapa negara, sebut saja Paris, Swedia atau Amerika.

Belakangan dari Boston Amerika, sehabis pameran di sana, salah seorang buyer menyempatkan diri datang ke Desa Mekar Wangi Kecamatan Sindangkerta.

 

Dikenalnya kopi Bandung Barat, melalui sejumlah festival dan pernah menjuarai di festival kopi di Francis yang dibawa oleh anomali Cafe.

Kemudian juga pas pameran pameran yang lain seperti di Swedia juga, kopi Bandung Barat sempat jadi pesertanya.

“Itu salah satu hal yang perlu kita apresiasi dan maksimalkan untuk memenuhi pasar itu. Saat ini, PR kita tinggal bagaimana bisa memenuhi pasar,” ucap Hengki.

Beberapa bulan sebelumnya, Hengki mengaku sudah mengikuti diskusi bersama menteri BUMN, kemudian menteri keuangan dan koperasi tentang kopi.

Diketahuinya, jika ternyata kwalitas kopi itu didapat, ketika diproses oleh alat-alat yang bagus seperti produk luar negeri.

Hasilnya juga berbeda dengan komponen-komponen mesinnya, seperti pemanas dan lainnya berbeda pula.

“Saya sempat berdikusi dengan Kadis DPKP KBB, coba kita bantu petani kopi KBB untuk memakai mesin dan lain-lain dari Columbia,” ungkapnya.

Pada tahun anggaran 2022, anggaran tersebut sudah dimasukan dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA).

“Mudah-mudahan dengan promosi kopi ini diproses dengan mesin dari Columbia paling dari tingkatan dari mahal dan yang paling bagus itu bisa menambah nilai kopi KBB. Dan itu suport dari pemerintah. Kalau suport mulai dari sarana sudah terus kita lakukan,” bebernya panjang lebar.

Pemkab Bandung Barat juga berupaya membantu petani kopi terkait peralatan.

Selama ini, kendala yang dihadapi petani kopi adalah kondisi cuaca. Pada saat musim hujan, butuh alat pengering yang membantu produksi para petani kopi Bandung Barat.

“Bantuan alat untuk pengeringan sudah ada di sebagian dan itupun secara bertahap. Namun kita juga mengupayakan dari pemerintah kita tempatkan di lokasi-lokasi yang sudah lebih banyak cuaca panasnya,” ucapnya.

Hengki juga mengatakan jika wilayah Bandung Barat cukup potensial dengan perkebunan kopi. Perkebunan kopi tersebut berada di wilayah utara seperti Lembang dan selatan Gununghalu, Sindangkerta dan kecamatan lainnya.

Hingga saat ini, masyarakat KBB yang terjun di perkebunan kopi jumlahnya mencapai 3.379 Kepala Keluarga (KK). Puluhan petani diantaranya berhasil mengangkat nama daerah karena tergolong berprestasi.

Melihat potensi kopi KBB yang luar biasa tersebut, Hengki berharap bisa menunjang perekonomian masyarakat.

Selama dua tahun terakhir, dilanda Covid-19, kondisi perekonomian masyarakat sempat morat-marit. Pasca Covid-19 mereda, merupakan saat untuk geliat perekonomian tersebut.

Pulihkan Ekonomi Melalui Bandung Barat Expo

Hengki Kurniawan didampingi istrinya, Sonya Fatmala serta Aura Kasih pada saat Opening Ceremony Bandung Barat Expo 2022, Sabtu (18/6/2022). (Foto : heny/dara.co.id).Kebangkitan kopi Bandung Barat diharapkan menjadi angin segar bagi pertumbuhan ekonomi masyarakatnya.

Menurut Hengki Kurniawan, upaya yang dilakukan Pemkab Bandung Barat agar ekonomi masyarakat pulih kembali, salah satunya gencar mempromosikan produk-produk masyarakatnya.

 

Lautan Massa yang menghadiri Bandung Barat Expo, Sabtu (18/6/2022). (Foto : heny/dara.co.id).

Bertepatan dengan Hari Jadi KBB ke-15 tahun 2022, Pemkab Bandung Barat menggelar Bandung Barat Expo yang dihadiri lautan massa. Untuk memeriahkan acara tersebut, dihadirkan pula artis papan atas Aura Kasih pada saat opening ceremony, dan Rizky Febian, Wika Salim dana lainnya untuk menghibur masyarakat.

Tujuan dari Expo Bandung Barat ini adalah bagaimana bisa mendapatkan omset. Termasuk juga promosi produk-produk KBB, baik Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA)-nya.

“Dua tahun terakhir ini kita kena pandemi dan berdampak pada kesehatan kita. Kini saatnya kita optimis dan bangkit. Inti dari kegiatan ini bisa mendapatkan dan memajukan pelaku UMKM,” pungkasnya. (Advetorial Prokopim)

Editor: Maji

Berita Terkait

Kronologis Raibnya Uang Ratusan Juta Milik Supervisor SPBU Cibolang
Pilpres AS, Joe Biden Mundur, Dukungan Beralih Buat Kamala Harris, Donald Trump Berkoar Begini
Bojan Siapkan Pemain Anyarnya Saat Persib Menghadapi Borneo FC
Big Metch Piala Presiden 2024 Nanti Malam, Cek Disini, Head to head Persib Vs Borneo FC
Acil Bimbo Terbaring Sakit di RS Advent Bandung, Ini Penjelasan Sang Istri
Kunjungi Industri Penyamakan Kulit di Garut, Ini yang Dikatakan Bakal Calon Gubernur Jabar Ilham Habibie
Ratusan Personel TNI dan Polri Diterjunkan ke Jembatan BBS Batujajar, Simak Beritanya
Purwakarta Daerah Unggulan Jabar dalam Investasi Industri
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 22 Juli 2024 - 19:22 WIB

Kronologis Raibnya Uang Ratusan Juta Milik Supervisor SPBU Cibolang

Senin, 22 Juli 2024 - 14:14 WIB

Pilpres AS, Joe Biden Mundur, Dukungan Beralih Buat Kamala Harris, Donald Trump Berkoar Begini

Senin, 22 Juli 2024 - 12:43 WIB

Bojan Siapkan Pemain Anyarnya Saat Persib Menghadapi Borneo FC

Senin, 22 Juli 2024 - 12:07 WIB

Big Metch Piala Presiden 2024 Nanti Malam, Cek Disini, Head to head Persib Vs Borneo FC

Senin, 22 Juli 2024 - 11:20 WIB

Acil Bimbo Terbaring Sakit di RS Advent Bandung, Ini Penjelasan Sang Istri

Berita Terbaru

CATATAN

PASCA JOE BIDEN Dari Zampoli Hingga Johnson

Senin, 22 Jul 2024 - 19:05 WIB

DISDIK

Proyek e- Katalog Disdik Jabar Jadi Sorotan

Senin, 22 Jul 2024 - 18:36 WIB