Sejarah Panjang Berdirinya PT Sampoerna Tbk

Senin, 24 Juni 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

Ilustrasi (Foto: Istimewa)

PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk adalah perusahaan rokok raksasa dengan sejarah panjang dan kaya di Indonesia.

DARA | Perusahaan ini terkenal dengan produk-produk inovatifnya dan komitmennya terhadap tanggungjawab sosial.

Latar Belakang PT Sampoerna Tbk.

Sampoerna merupakan perusahaan termuka yang telah beroperasi selama 110 tahun dan terus berkomitmen untuk menciptakan nilai jangka panjang di Indonesia melalui jejak operasional yang signifikan di seluruh rantai nilai dan investasi berkelanjutan di Indonesia.

Sampoerna merupakan afiliasi dri perusahaan tembakau terkemuka di dunia, Philip Morris International (PMI).

Dengan jumlah tenaga kerja ebih dari 20.700 karyawan, kami berkomitmen memberi lingkungan kerja yang terbaik bagi mereka sekaligus berkontribusi untuk kemajuan Indonesia. Kami enantiasa berupaya untuk bertanggungjawab secara lingkungan dan social, dan dengan bangga mendukung komunitas sekitar operasi kami.

Profil Sejarah PT Sampoerna Tbk

Prestasi Sampoerna tidak terlepas dari warisn keluarga Sampoern yang mendirikan perusahaan pada tahun 1913. “Falsafah Tiga Tangan” kami adalah dasar kesuksesan kami saat ini dan masa yang akan datang.

Liem Seeng Tee, seorang imigran asal Tiongkok, memulai usahanya dengan memproduksi dan menjual produk SKT dirumahnya di Surabaya. Usaha kecilnya, adalah salah satu usaha pertama di Indonesia yang membuat dan memasarkan rokok kretek dengan merek Dji Sam Soe.

Liem Seeng Tee kemudian mendirikan perusahaan dengan nama Sampoerna, memindhkan keluarga dan pabriknya ke kompleks bangunan di Surabaya, bernama “Taman Sampoerna”.

Generasi kedua dari keluarga Sampoerna, yaitu Aga Sampoerna menjalankan bisnis Sampoerna dan fokus pada produksi Sigaret Kretek Tangan (SKT).

Generasi ketiga dari keluarga Sampoerna, Putera Sampoerna, mengambil alih tampuk kepemimpinan Sampoerna. Dibawah kepemimpinannya, pertumbuhan usaha Sampoerna meningkat pesat.

Sampoerna meluncurkan merek Sampoerna A yang merupakan produk pionir pada segmen Sigaret Kretek Mesin
Kadae Tar Rendah (SKM LT).

Sampoerna menjadi perusahaan public yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta (sekarang Bursa Efek Indonesia), dengan kode saham HMSP dan mulai mengembangkan struktur perusahaan modern serta menjalani periode investasi dan ekspansi.

Generasi keempat dari keluarga, yaitu Michael Sampoerna, menjadi pemimpin Perseroan. Melihat keberhasilan usahanya, Sampoerna menarik perhatian Philip Morris Internasional (PMI).

Ketertarikan tersebut kemudian membuat Philip Morris Indonesia (PMID), anak perusahaan dari PMI, mengakuisisi mayoritas saham Sampoerna pada bulan Mei 2005.

Sampoerna mengambil posisi nomor 1 dalam pangsa pasar di pasar rokok Indonesia.

Sampoerna meresmikan pengoperasian pabrik Sigaret Kretek Mesin (SKM) di Karawang dengan nilai investasi sebesar USD 250 juta. Sampoerna melewati volume penjualan 100 miliar batang.

Sampoerna menyelesaikan proses right issue, untuk memenuhi syarat dimana sedikitnya 7,5% dari modal disetor harus memiliki oleh pemegang saham bukan pengendali dan bukan pemegang saham utama.

Sampoerna melakukan stock split 1:25 agar harga saham terjangkau bagi investor dan menarik minat investor ritel yang lebih luas. Sampoerna mendirikan IQOS Club Indonesia dan IQOS Outlets di Jakarta.

Sampoerna mengumumkan realisasi investasi dengan total nilai sekitar USD 166,1 juta untuk pembangunan fasilitas produksi untuk batang tembakau bagi IQOS dengan merek HEETS, di Karawang, Jawa Barat.

Sampoerna melaksanakan pengoperasian perdana fasilitas produksi untk Produk Bebas Asap pada kuartal keempat di Karawang, Jawa Barat, dengan nilai total investasi sebesar USD 186 juta.

Tata Nilai PT Sampoerna Tbk

PT. Sampoerna Tbk memiliki 5 nilai inti yang menjadi landasan budaya perusahaan dan memandu perilaku karyawan dalam menjalankan bisnis. Nilai-nilai tersebut adalah:
1. Integritas: PT. Sampoerna Tbk berkomitmen untuk menjunjung tinggi integritas dalam semua aspek bisnisnya. Hal ini diwujudkan dengan bertindak jujur, adil, dan bertanggng jawab, serta selalu menjunjung tinggi etika dan
kepatuhan terhadap hukum dan peraturan yang berlaku.
2. Keunggulan: PT. Sampoerna Tbk selalu berusaha untuk mencapai keunggulan dalam semua aspek bisnisnya. Hal ini diwujudkan dengan menetapkan standar yang tinggi, fokus pada inovasi dan kreativitas, serta selalu berorientasi pada hasil.
3. Peduli: PT. Sampoerna Tbk berkomitmen untuk selalu peduli terhadap karyawan, pelanggan, komunitas, dan lingkungan. Hal ini diwujudkan dengan menciptakan lingkungan kerja yang kondusif dan menghargai karyawan,
memberikan produk dan layanan terbaik kepada pelanggan, serta berkontribusi positif bagi komunitas dan lingkungan.
4. Keberagaman: PT. Sampoerna Tbk menghargai dan menghormati keberagaman dan inklusi. Hal ini diwujudkan dengan menciptakan lingkungan kerja yang terbuka dan iklusif bagi semu karyawan, serta menghargai perbedaan dan mendorong kerjasama tim yang efektif.

5. Semangat Juang: PT. Sampoerna Tbk memiliki juang yang tinggi untuk mencapai tujuannya. Hal ini diwujudkan dengan tekad yang kuat, pantang menyerah, dan selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik.

Nilai-nilai ini diimplementasikan dalam berbagai aspek kehidupan perusahaan, muli dari proses rekrutmen dan pengembangan karyawan, hingga pengambilan keputusan dan pelaksanaan operasi bisnis.

PT. Sampoerna Tbk yakin bahwa dengan menerapkan nilai-nilai ini, perusahaan dapat mencapai kesuksesan yang berkelanjutan dan memberikan manfaat bagi semua pemangku kepentingan.

Perencanaan Strategis dan Operasional PT Sampoerna Tbk

Bagi PT. Sampoerna Tbk, kami percaya bahwa keberlanjutan lebih dari sekedar meminimalisir eksternalitas negative yng terkait dengan produk, cara kami beroperasi, dan rantai nilai kami.

Keberlanjutan bagi kami, brarti menciptakan nilai jangka panjang dalam kegiatan operasi kami, baik bagi lingkungan dan komunitas kami. Payung program “Sampoerna untuk Indonesia” menggambarkan komitmen
kami untuk terus berkontribusi kepada pembangunan Indonesia.

Ini sebuah komitmen yang selaras dengan Falsafah Tiga Tangan kami dan Tujuan Pembangunan yang Berkelanjutan (TPB). Sebagai afiliasi Phiip Morris International Inc. (PMI), di tahun 2022 strategi keberlanjutan kami diselaraskan dengan pilar Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola.

Langkah ini kami tujukan untuk mengetengahkan topik-topik ESG yang menjadi fokus kami dan untuk memprioritaskan sumber daya kami dengan lebih baik lagi.

Payung program keberlanjutan kami, “Sampoerna Untuk Indonesia” merupakan sebuah wujud nyata atas komitmen jangka panjang kami untuk turut berkontribusi pada pembangunan Indonesia yang sejalan dengan “Falsafah Tiga Tangan” Sampoerna.

Pada tahun 2022, pendekatan kami terhdap keberlanjutan telah berevolusi menjadi pilar (Environmntal, Social, Governance/ESG), sejalan dengan perusahaan induk Sampoerna, PMI.

Pendekatan kami terhadap keberlanjutan dalam pilar ESG didasarkan pada keselarasan prioritas bisnis kami dengan prioritas keberlanjutan induk perusahaan kami, serta wawasan pemangku kepentingan kami tentang topik keberlanjutan.

Pengawasan dan Evaluasi Kinerja PT Sampoerna Tbk

PT. Sampoerna Tbk sebagai salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia, memiliki sistem pngawasan dan evaluasi kinerja yang terstruktur dan komprehensif. Sistem ini bertujuanuntuk memastikan bahwa perusahaan mencapai tujuan strategisnya, serta untuk meningkatkn kinerja karyawan dan efektivitas
operasional.

Sistem pengawasan dan evaluasi kinerja PT. Sampoerna Tbk telah terbukti efektif dalam meningkatkan kinerja perusahaan dan karyawan. Hal ini dibuktikan dengan pencapain PT. Sampoerna Tbk yang konsisten dalam hal
pertumbuhan pendapatan, laba bersih, dan pangsa pasar.

Sistem ini juga membantu PT. Sampoerna Tbk dalam menciptakan budaya kerja yang positif dan berfokus pada
kinerja.

Perbandingan Kondisi dan Teori

Kondisi keuangan PT. Sampoerna Tbk yang kuat dan pansa pasar yang dominan menunjukkan bahwa perusahaan ini berada dalam posisi yang baik untuk terus sukses di masa depan. Merek yang kuat, jaringan distribusi yang luas, dan karyawan yang terampil juga merupakan faktor kekuatan yang signifikan.

Namun, PT. Sampoerna Tbk juga menghadapi beberapa tantangan, industry rokok sedang mengalami penurunan karena meningkatnya kesadaran akan bahaya merokok dan peraturan pemerintah yang lebih ketat. Selain itu, perusahaan juga menghadapi persaingan yang ketat dari pemain lokal dan internasional.

Teori-teori yang diebutkan diatas dapat digunakan untuk membantu PT. Sampoerna Tbk memahami kondisi dan tantangan yang dihadapinya. Dengan menggunakan teori-teori ini, perusahaan dapat mengembangkan strategi yang efektif untuk mencapai tujuannya.***

Artikel ini ditulis oleh Nur Fadillah Septiani Sistem Pengendalian Manajemen Universitas Pamulang 06SAKP002.

Editor: denkur

Berita Terkait

PENYANYI DAVID GATES : Dunia Berakhir, Bintang Padam
Sambut Anniversary ke-25 Anime ONE PIECE, Berikut Empat Keseruan yang Bisa Kamu Ikuti
Fandango” dan Kisah Kota Pale
Inilah 10 Cara Berhenti Merokok
Stres: Gejala, Penyebab, Pencegahan dan Pengobatan
Nasi Tumpeng Ternyata Sudah Ada Sebelum Islam Masuk Jawa
Ini Dia Caranya agar Video Tiktok Anda Banjir Like dan Followers
Ajak Jurnalis Seluruh Indonesia, FIFGROUP Kembali Gelar National Media Competition 2024
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 21 Juli 2024 - 09:04 WIB

PENYANYI DAVID GATES : Dunia Berakhir, Bintang Padam

Sabtu, 20 Juli 2024 - 10:59 WIB

Sambut Anniversary ke-25 Anime ONE PIECE, Berikut Empat Keseruan yang Bisa Kamu Ikuti

Kamis, 18 Juli 2024 - 20:22 WIB

Fandango” dan Kisah Kota Pale

Sabtu, 13 Juli 2024 - 12:19 WIB

Inilah 10 Cara Berhenti Merokok

Minggu, 7 Juli 2024 - 13:18 WIB

Stres: Gejala, Penyebab, Pencegahan dan Pengobatan

Berita Terbaru

CATATAN

PASCA JOE BIDEN Dari Zampoli Hingga Johnson

Senin, 22 Jul 2024 - 19:05 WIB

DISDIK

Proyek e- Katalog Disdik Jabar Jadi Sorotan

Senin, 22 Jul 2024 - 18:36 WIB