Pertamina Patra Niaga Gelar Simulasi Penanggulangan Keadaan Darurat di Integrated Terminal Jakarta

Minggu, 30 Juni 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy


Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat  menggelar simulasi penanggulangan kondisi darurat bertempat di Integrated Terminal (IT) Jakarta - Plumpang pada Kamis (27/6/2024). (Foto: humas pertamina)

Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat menggelar simulasi penanggulangan kondisi darurat bertempat di Integrated Terminal (IT) Jakarta - Plumpang pada Kamis (27/6/2024). (Foto: humas pertamina)

Pertamina juga memastikan keselamatan seluruh pekerja dan masyarakat yang berada di sekitar wilayah operasional.

DARA| Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat menggelar simulasi penanggulangan kondisi darurat bertempat di Integrated Terminal (IT) Jakarta – Plumpang pada Kamis (27/6/2024).

Kegiatan ini agenda berkala yang diadakan untuk meningkatkan awareness mengenai aspek Health, Safety, Security & Environment (HSSE) serta pengelolaan risiko untuk menghadapi potensi bahaya dan penanggulangannya.

Pjs. Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Muslim Dharmawan mengungkapkan bahwa Pertamina Patra Niaga menjalankan kegiatan simulasi Organisasi Keadaan Darurat (OKD) di IT Jakarta – Plumpang untuk memastikan keandalan sarana dan fasilitas (sarfas) penyaluran BBM, LPG serta prosedur penanggulangan keadaan darurat yang melibatkan masyarakat dan stakeholders (pemangku kepentingan) terkait.

“Pertamina Patra Niaga berkomitmen untuk memastikan seluruh sarfas pendistribusian energi di IT Jakarta dalam kondisi andal serta mengantisipasi kondisi darurat melalui kegiatan simulasi OKD Level 1. Simulasi ini diikuti oleh seluruh komponen pekerja, mitra kerja di IT Jakarta – Plumpang dan Kantor Regional Jawa Bagian Barat yang tergabung dalam Organisasi Keadaan Darurat (OKD) beserta unsur masyarakat sekitar wilayah operasional IT Jakarta – Plumpang di Kelurahan Rawa Badak Selatan serta stakeholders terkait di Jakarta Utara,” ungkap Muslim.

Dalam simulasi OKD ini, Pertamina Patra Niaga menjalankan skenario keadaan darurat yang berpotensi terjadi dalam kondisi nyata. Skenario simulasi diawali dengan adanya kejadian gempa bumi pada pukul 09.10 WIB dan mengakibatkan nyala api yang berasal dari luar area IT Jakarta – Plumpang lalu merambat ke dalam area operasi serta menimbulkan kebakaran sehingga operasional sempat dihentikan sementara waktu untuk penanganan keadaan darurat.

Masyarakat di sekitar area operasi kemudian dievakuasi ke lokasi aman dan melakukan penanganan korban ke rumah sakit. Pada pukul 10.45 WIB kebakaran sudah dapat dipadamkan, pukul 11.00 WIB warga sudah kembali ke kediaman masing-masing dan operasional kembali normal.

Kegiatan simulasi di atas dieskalasi ke OKD Level 1 sehingga seluruh proses penanggulangan kondisi darurat di bawah komando Executive General Manager Regional Jawa Bagian Barat selaku Emergency Response Commander (ERC) yang melakukan koordinasi penanganan kondisi emergency dengan Integrated Terminal Manager Jakarta sehingga seluruh proses dapat termonitor dengan baik.

Muslim menambahkan, melalui kegiatan simulasi OKD ini Pertamina Patra Niaga memastikan keandalan sarfas dan prosedur penanganan kondisi darurat serta menjamin keamanan dan kelancaran distribusi BBM, LPG serta produk Pertamina lainnya kepada masyarakat.

Terlebih itu, Pertamina juga memastikan keselamatan seluruh pekerja dan masyarakat yang berada di sekitar wilayah operasional. Pertamina Patra Niaga juga menyampaikan apresiasi kepada stakeholders yang telah bersinergi dalam pelaksanaan simulasi OKD tersebut.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah bekerja sama dalam kelancaran pelaksanaan OKD ini. Pertamina Patra Niaga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Jakarta Utara, Polres Metro Jakarta Utara, Kodim 0502/Jakarta Utara, BPBD DKI Jakarta, Sudin Pemadam Kebakaran (Damkar) Jakarta Utara, perangkat Kecamatan Koja, Polsek Koja, Koramil Koja, Satpol PP Koja, Dishub Koja, kelurahan Rawa Badak Selatan, Rumah Sakit Pertamina Jaya, dan warga masyarakat RW 09 Rawa Badak Selatan,” ungkap Muslim.

Ketua RW 09 Rawa Badak Selatan Abdus Syakur, mewakili warga yang berada di sekitar kawasan operasional Integrated Terminal Jakarta menyampaikan apresiasi kepada Pertamina Patra Niaga atas upaya peningkatan kewaspadaan untuk menghadapi kondisi darurat dengan melibatkan warga sekitar.

“Kami berharap simulasi ini dapat terus dilakukan Pertamina sehingga masyarakat lebih paham ketika terjadi kondisi darurat,” ungkapnya.

Apabila masyarakat membutuhkan informasi produk dan layanan dapat menghubungi Call Center Pertamina 135.

Editor: Maji

 

Berita Terkait

PWI Sumsel Tolak Keputusan DK Pusat
Maria Pudesa Meriahkan Acara Grand Opening Jus Masaki Signature
Eksplorasi ATV Off-Road di Kaki Gunung Arjuna Sambil Berinteraksi dengan Satwa di The Grand Taman Safari Prigen
Keajaiban Alam di “Enchanting Forest” The Grand Taman Safari Prigen, Destinasi Favorit Baru Pilihan Keluarga di Jawa Timur
Keseruan Media Trivia di Booth Astra Financial GIIAS 2024 Turut Dukung Peningkatan Literasi Keuangan
Erick Thohir Utamakan Kesehatan Mental Karyawan BUMN, Gelar Roadshow 1000 Manusia Bercerita di Jawa Barat
Besok Malam, Saksikan Penghargaan Kepada Seluruh Insan Dangdut Ambyar di Ajang Ambyar Awards 2024
Awalnya Balapan Liar, Bripda Adi Tom Kini Jadi Pebalap Sungguhan
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 22 Juli 2024 - 08:42 WIB

PWI Sumsel Tolak Keputusan DK Pusat

Minggu, 21 Juli 2024 - 14:50 WIB

Maria Pudesa Meriahkan Acara Grand Opening Jus Masaki Signature

Minggu, 21 Juli 2024 - 13:30 WIB

Eksplorasi ATV Off-Road di Kaki Gunung Arjuna Sambil Berinteraksi dengan Satwa di The Grand Taman Safari Prigen

Minggu, 21 Juli 2024 - 13:24 WIB

Keajaiban Alam di “Enchanting Forest” The Grand Taman Safari Prigen, Destinasi Favorit Baru Pilihan Keluarga di Jawa Timur

Minggu, 21 Juli 2024 - 09:39 WIB

Keseruan Media Trivia di Booth Astra Financial GIIAS 2024 Turut Dukung Peningkatan Literasi Keuangan

Berita Terbaru

CATATAN

PASCA JOE BIDEN Dari Zampoli Hingga Johnson

Senin, 22 Jul 2024 - 19:05 WIB

DISDIK

Proyek e- Katalog Disdik Jabar Jadi Sorotan

Senin, 22 Jul 2024 - 18:36 WIB