Penting, Begini Cara Mengubah Hidup agar Lebih Baik di Tahun 2023

mm

Tahun 2023 harus lebih baik dari tahun sebelumnya. Butuh resolusi ke arah perubahan yang lebih baik, termasuk soal gaya hidup yang sehat.


DARA | Namun, apa yang harus dilakukan untuk mencapai hidup yang lebih baik dan lebih sehattersebut?

Menjelang pergantian tahun, tidak sedikit orang yang merencanakan berbagai resolusi ke arah perubahan yang positif. Salah satunya berharap agar di tahun baru nanti dapat mengubah gaya hidup lebih sehat.

Berikut beberapa ide resolusi tahun baru untuk menuju gaya hidup yang lebih sehat, seperti dikutip dara.co.id dari PMJNews, Senin (2/1/2023):

1. Perbaiki Tidur

Aktivitas yang padat hingga distraksi dari beragam gawai bisa dengan mudah mengganggu kualitas tidur. Padahal, kurang tidur yang terjadi terus-menerus bisa memunculkan beragam masalah kesehatan serius.

Usahakan untuk tidur setidaknya 6-8 jam per hari demi kesehatan yang lebih baik di masa mendatang. Jauhkan gawai dari kamar tidur dan membuat suasana kamar tidur gelap dan sejuk setiap hari bisa mempermudah mewujudkan resolusi ini.

2. Rutin Berolahraga

Di tengah gempuran beragam masalah kesehatan dan pandemi, kesehatan dan kebugaran tubuh perlu menjadi prioritas. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencapainya adalah berolahraga rutin.

Kebiasaan berolahraga ini bisa dimulai dengan hal yang paling ringan terlebih dahulu.

3. Perbanyak Jalan Kaki

Gaya hidup yang tak aktif dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan. Memperbanyak jalan kaki dalam melakukan berbagai aktivitas dapat menjadi salah satu cara untuk mencegah diri sendiri terperangkap dalam gaya hidup tak aktif.

4. Perhatikan Makan yang Dikonsumsi

Tahun depan, alangkah baiknya jika Anda mulai fokus terhadap kualitas asupan makanan Anda. Kurangi konsumsi makanan olahan seperti roti-rotian, gorengan, serta minuman bergula atau soda.

Makanlah lebih banyak buah dan sayuran untuk meningkatkan asupan serat makanan dan protein.

5. Jauhi Stres

Stres yang terus-menerus dapat meningkatkan risiko masalah kesehatan yang serius, seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.

Beberapa strategi yang dapat membantu menjaga stres termasuk latihan fisik, meditasi, dan latihan pernapasan dalam.

Anda juga dapat mempertimbangkan untuk berbicara dengan psikolog atau terapis yang dapat membantu Anda mengelola stres dengan lebih baik.

Editor: denkur | Sumber: PMJNews

Tinggalkan Balasan