Komisi V DPRD Jabar Rekomendasikan, dan Mengawal Pembangunan SMAN Ciater Subang

mm

Senin, 11 September 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DARA | Komisi V DPRD Jawa Barat merekomendasikan pembangunan SMAN Ciater yang diminta Panitia Perintis SMA Negeri Ciater. Rekomendasi tersebut riungkapkan dalam audiensi antara Komisi V DPRD Jabar dengan Panitia Perintis SMA Negeri Ciater.

Wakil Ketua Komisi V DPRD Jawa Barat Abdul Hadi Wijaya menuturkan, rekomendasi Komisi V DPRD Jawa Barat atas pembangunan SMAN Ciater diantaranya; pertama untuk jangka pendek yakni perbaikan sistem zonasi dengan memperhatikan kondisi lokal, kearifan lokal, dan memperhitungkan blank zonasi.

“Kalau yang blank zonasi ini lebih dari satu kecamatan. Maka jatah dari zonasinya dialokasikan bukan dihitung dari satu titik, tapi dari beberapa titik kecamatan yang ada. Misalkan ada 200 calon siswa dibagi ke beberapa kecamatan, dan ini harus disepakati oleh para stakeholder di sana. Perubahan sistem zonasi ini untuk menyelesaikan sebagian kecil permasalahan yang ada,” tutur Abdul Hadi Wijaya, Bandung, Senin (11/9/2023).

Kedua, Komisi V DPRD Jawa Barat mendorong Pemerintah Provinsi Jabar mengupayakan pembangunan SMAN Ciater, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang. Mengingat pembangunan SMAN Ciater menjadi aspirasi masyarakat Kecamatan Ciater yang sudah lama disampaikan, dan sangat ditunggu.

Ketiga, rekomendasi jangka panjang dengan menambah anggaran untuk sektor pendidikan khususnya untuk anggaran pembangunan unit sekolah baru (USB), termasuk percepatan pembangunannya.

“Penambahan anggaran pendidikan tidaklah mudah, kita harus sama-sama duduk. Seluruh pihak terkait harus duduk bersama membahas hal ini. Bicara anggaran pendidikan tak hanya soal anggaran membangun sekolah, tapi masih banyak hal lainnya, tapi ini adalah demi masa depan anak-anak,” kata Abdul Hadi Wijaya.

Keempat, Komisi V DPRD Jawa Barat meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar mengkaji kembali alokasi anggaran termasuk target serta daftar wilayah yang masuk prioritas pembangunan unit sekolah baru.

“Kami meminta Pemprov Jabar melakukan proses hitung ulang alokasi anggaran, jumlah unit sekolah baru yang akan dibangun, target pembangunan karena membangun unit sekolah baru membutuhkan anggaran yang luar biasa banyak,” ucap dia.

Sedangkan anggaran pendidikan tidak hanya untuk membangun unit sekolah baru, tetapi ada gaji guru, beasiswa pendidikan, Bantuan Pendidikan Menengah Universal (BPMU) dan lain sebagainya.

“Dihitung ulang berapa anggarannya, target penyelesaian dalam berapa tahun, jumlah unit sekolah baru yang ditargetkan dibangun dalam setahun berapa,” tegas Abdul Hadi Wijaya.

 

Komisi V DPRD Jawa Barat Siap Mengawal 

Di tempat yang sama, Anggota DPRD Jawa Barat daerah pemilihan (Dapil) 11 Kabupaten Subang, Sumedang dan Kabupaten Majalengka Raden Tedi menegaskan, DPRD Jawa Barat termasuk Komisi V siap mengawal permintaan pembangunan SMAN Ciater, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang sampai terealisasi. Mengingat pembangunan SMAN Ciater menjadi aspirasi masyarakat Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang yang sudah lama dan terus disampaikan selama reses.

“Kami sudah mendengarkan aspirasi dari Panitia Perintis SMA Negeri Ciater. Memang betul apa yang disampaikan Panitia Perintis SMA Negeri Ciater, permintaan pembangunan SMAN Ciater ini ditunggu masyarakat,” tegas Raden Tedi.

“Semoga ada solusi, dan kami (DPRD Jawa Barat) siap mengawal proses ini,” sambung dia.

DPRD Jawa Barat tambah Raden Tedi, sangat berharap permintaan dari Panitia Perintis SMA Negeri Ciater bisa direalisasikan, dan diharapkan Pemprov Jabar bisa mempercepat pembangunan unit sekolah baru, minimal satu kecamatan satu sekolah negeri (SMA sederajat).

Hal senada disampaikan Anggota Komisi V DPRD Jawa Barat Enjang Tedi dan Sari Sundari yang mendorong percepatan pembangunan unit sekolah baru di Jabar, salah satunya di Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang.

“Kami mendukung untuk pembangunan unit sekolah baru, dan kami setuju dengan pembangunan unit sekolah baru di Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang,” tambah Enjang Tedi dan Sari Sundari.

Pada berita sebelumnya disebutkan, Komisi V DPRD Jawa Barat menerima audiensi terkait permohonan pembangunan SMAN Ciater dari Panitia Perintis SMA Negeri Ciater. Audiensi dilakukan di ruang Komisi V DPRD Jawa Barat.

Audiensi diterima langsung oleh Wakil Ketua Komisi V DPRD Jawa Barat Abdul Hadi Wijaya, Anggota Komisi V DPRD Jawa Barat Sari Sundari, Enjang Tedi dan Anggota DPRD Jawa Barat daerah pemilihan (Dapil) 11 Kabupaten Subang, Sumedanga dan Kabupaten Majalengka Raden Tedi. Turut hadir Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar Wahyu Mijaya beserta jajarannya.

Bahan : Humas DPRD Jabar

 

Berita Terkait

Komisi I DPRD Jabar: Batas Desa Berpengaruh Terhadap Pemekaran Desa
DPRD Jabar Dorong Bey Terbitkan Kepgub Upah Buruh
Ineu Purwadewi Sampaikan Perda Ketertiban Masyarakat
Anggota DPRD Jabar Ini Sebarluaskan Perda Kekayaan Intelektual
Pelajari Soal Penanganan Disabilitas, DPRD Jabar Dikunjungi DPRD Bengkulu
DPRD Jabar Kunjungi BPKD Yogjakarta, Ini yang Didalami
Ketua Komisi IV, Terminal Singaparna Harus Direlokasi
Perda Pesantren DPRD Jabar Jadi Percontohan

Berita Terkait

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:06 WIB

Komisi I DPRD Jabar: Batas Desa Berpengaruh Terhadap Pemekaran Desa

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:01 WIB

DPRD Jabar Dorong Bey Terbitkan Kepgub Upah Buruh

Kamis, 28 Maret 2024 - 11:56 WIB

Ineu Purwadewi Sampaikan Perda Ketertiban Masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 11:51 WIB

Anggota DPRD Jabar Ini Sebarluaskan Perda Kekayaan Intelektual

Kamis, 28 Maret 2024 - 11:44 WIB

Pelajari Soal Penanganan Disabilitas, DPRD Jabar Dikunjungi DPRD Bengkulu

Kamis, 28 Maret 2024 - 11:36 WIB

DPRD Jabar Kunjungi BPKD Yogjakarta, Ini yang Didalami

Kamis, 28 Maret 2024 - 11:31 WIB

Ketua Komisi IV, Terminal Singaparna Harus Direlokasi

Kamis, 28 Maret 2024 - 11:23 WIB

Perda Pesantren DPRD Jabar Jadi Percontohan

Berita Terbaru

Pantai Pangandaran dipadati pengunjung (Foto: denkur/dara.co.id)

HEADLINE

Foto: Pangandaran Dipadati Pengunjung

Minggu, 14 Apr 2024 - 20:34 WIB


Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin mengecek Al Jabbar menyusul insiden bocah tenggelam di kolam dalam kompleks masjid pada Ahad (17/12/2023). (Foto: diskominfo)

BANDUNG UPDATE

Pj Gubernur Jabar : Sikat Praktik Pungli di Masjid Al Jabbar

Minggu, 14 Apr 2024 - 19:24 WIB