Jobstreet by SEEK Bertransformasi di Indonesia melalui Platform Baru dan Inovasi AI

Senin, 18 Desember 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

ILustrasi (Foto: Istimewa)

ILustrasi (Foto: Istimewa)

Peluncuran platform ini merupakan puncak dari kerja keras selama tiga tahun dan investasi sebesar >$180 juta.

DARA | Jobstreet yang baru bertransformasi dengan memanfaatkan AI dari SEEK untuk rekomendasi pekerjaan, pengalaman, dan wawasan yang lebih baik bagi pencari kerja dan perusahaan di Indonesia

Platform SEEK yang digunakan di Australia dan Selandia Baru kini juga digunakan di Indonesia, Filipina, Malaysia, dan Singapura.

Jobstreet by SEEK meluncurkan platform SEEK terbaru di Indonesia untuk semakin mempermudah koneksi antara pencari kerja dan perusahaan melalui transformasi platform karirnya di Indonesia.

Platform baru Jobstreet memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) kelas dunia milik perusahaan induk, SEEK, guna memberi rekomendasi pekerjaan yang relevan, pengalaman baru, dan wawasan yang lebih mendalam untuk dapat digunakan oleh pencari kerja dan perusahaan di Indonesia.

SEEK merupakan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Australia (ASX: SEK) dengan portofolio pasar tenaga kerja online yang beroperasi di Asia Pasifik dan Amerika Latin.

Terjadinya transformasi platform Jobstreet bermula dari investasi SEEK sebesar AUD$180 juta yang dilakukan selama tiga tahun terakhir untuk mengintegrasikan tiga pasar tenaga kerja online di Asia Pasifik, yaitu SEEK (di Australia dan Selandia Baru), Jobstreet (di Filipina, Indonesia, Malaysia, dan Singapura), dan Jobsdb (di Hong Kong dan Thailand).

Program ini bertujuan untuk mempercepat pertumbuhan SEEK dan berkontribusi dalam pasar kerja di seluruh wilayah Asia Pasifik.

Varun Mehta, COO – Indonesia, Jobstreet by SEEK, mengatakan, transformasi platform Jobstreet by SEEK baru ini merupakan langkah penting untuk para pencari kerja & perusahaan di Indonesia.

“Dengan memanfaatkan AI, platform kami dapat membantu pencari kerja dan perusahaan untuk terhubung dengan lebih mudah dan lebih akurat. Sebagai platform karir terkemuka di Indonesia, kami akan terus meningkatkan platform kami untuk mengikuti tren pasar kerja yang terus berubah di dunia, termasuk Indonesia,” ujar Varun Mehta.

“Kami senang dapat memberikan pencocokan pekerjaan dan kandidat yang lebih baik dengan platform yang didukung oleh AI dari SEEK yang inovatif. Kami berharap dengan ini kami dapat memperkuat komitmen kami dan meningkatkan kontribusi kami dalam pasar kerja di Indonesia,” imbuhnya.

Kapasitas dan Fitur Baru untuk Pekerjaan dan Bakat yang Lebih Baik

Platform Jobstreet by SEEK yang baru ini menggunakan model AI untuk menilai kecocokan pencari kerja, menyeleksi lamaran, dan memberikan rekomendasi yang dipersonalisasi melalui data dari berbagai sumber, termasuk resume pencari kerja, deskripsi lowongan kerja, dan keputusan perusahaan sebelumnya.

Dengan demikian, pencari kerja sekarang akan melihat ‘Lencana Pelamar Kuat’ jika mereka adalah pelamar yang kuat untuk posisi tersebut, sehingga meningkatkan peluang mereka untuk melamar posisi tersebut, dan pada akhirnya memberikan kecocokan yang lebih baik karena pengalaman dan keterampilan yang selaras dengan persyaratan pekerjaan.

Hal ini juga menguntungkan perusahaan yang akan menerima lamaran pekerjaan yang lebih berkualitas dan relevan untuk lowongan pekerjaan yang mereka publikasikan.

Untuk membuat proses pencarian kandidat lebih efisien bagi perusahaan, perekrut juga dapat memilih untuk menyertakan pertanyaan-pertanyaan yang direkomendasikan oleh AI untuk membantu menyaring kandidat berdasarkan posisi pekerjaan, sebagai bagian dari proses lamaran kerja. Dengan cara ini, kandidat yang paling sesuai dapat dengan mudah diidentifikasi berdasarkan jawaban mereka terhadap pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Platform baru yang didukung oleh AI ini juga memperkenalkan fitur baru – sinyal pendekatan prediktif, yang dirancang untuk membantu mencocokkan kandidat dengan perusahaan secara lebih tepat dan efektif. Dengan menggunakan teknologi prediktif yang canggih, Jobstreet by SEEK dapat memberikan kandidat yang dapat ditawarkan untuk berdiskusi mengenai peluang kerja baru, bahkan sebelum lowongan diiklankan.

Tergantung oleh berbagai faktor, seseorang dapat terlihat sebagai calon kandidat yang tepat dari suatu perusahaan berdasarkan berbagai faktor, seperti seberapa aktif kandidat tersebut di platform Jobstreet by SEEK dan informasi apa saja yang ada di profil mereka. Fitur ini sangat membantu bagi perusahaan yang ingin mencari orang yang tepat untuk mengisi posisi yang dibutuhkan.

Selain itu, pencari kerja Indonesia sekarang dapat menentukan visibilitas profil mereka di platform baru ini, yang menginformasikan perusahaan bahwa mereka terbuka terhadap peluang kerja baru meskipun mereka tidak secara aktif mencari pekerjaan. Hal ini memudahkan perusahaan untuk secara proaktif menghubungi kandidat yang terbuka untuk peluang kerja baru.

Selain itu, Jobstreet by SEEK menyediakan saran karier dan informasi gaji yang mendalam dan didukung oleh data yang tersedia dalam platform Jobstreet. Hal ini dapat membantu kandidat untuk menavigasi percakapan seputar gaji dengan mengetahui kisaran gaji standar pekerjaan mereka, atau membuat keputusan yang tepat seputar karir mereka.

Investasi teknologi AI berkelanjutan

Platform baru ini akan membantu menghubungkan kandidat dengan perusahaan yang tepat dan meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang tepat.

Jobstreet kini memanfaatkan data dengan wawasan berdasarkan industri lokal yang diperoleh selama hampir dua dekade di Asia Pasifik melalui SEEK, untuk Indonesia. Hal ini diperkuat oleh tim data dan AI SEEK yang berjumlah lebih dari 200 orang, yang sepenuhnya berfokus untuk wilayah Asia Pasifik.

“Komitmen kami untuk memanfaatkan teknologi AI terbaru menggarisbawahi dedikasi kami dalam menyediakan solusi rekrutmen yang paling efektif dan efisien bagi para kandidat dan perusahaan. Kami telah berinvestasi besar-besaran dalam data dan AI selama lebih dari satu dekade dan akan terus melakukannya karena kami bercita-cita untuk membuat produk, layanan dan marketplace kami lebih mudah, personal, dan terpercaya bagi pelanggan kami,” tutur Grant Wright, General Manager of Marketplace and AI Products at SEEK.

Untuk mencoba platform Jobstreet by SEEK yang baru, kunjungi jobstreet.co.id atau unduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store.

Editor: denkur | Sumber: Rilis

 

Berita Terkait

Kolaborasi CIMB Niaga Syariah dan Batununggal Group Luncurkan Affinity Card untuk Keanggotaan Eksklusif
Tingkatkan Kesadaran Kanker, FIFGROUP Gelar Edukasi dan Deteksi Dini Ikhtisar
Hadirkan Kenyamanan Maksimal untuk Penumpang, Maxim Luncurkan Layanan Bike XL di Bandung, Sukabumi, dan Tasikmalaya
Maxim Luncurkan Layanan Bike XL di Bandung, Sukabumi, dan Tasikmalaya
Koperasi Miliki Peran Penting Lengkapi Ekosistem Usaha Rakyat
Jawa Barat Dorong Ekspor Kopi dan Kakao ke Filipina
Bidik Sektor Pendidikan, Kesehatan dan UMKM, bank bjb Syariah Sinergi dengan Muhammadiyah
Survei Jakpat: 75% Orang Senang Pakai Produk Olahraga Lokal
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 13 Juli 2024 - 11:39 WIB

Kolaborasi CIMB Niaga Syariah dan Batununggal Group Luncurkan Affinity Card untuk Keanggotaan Eksklusif

Sabtu, 13 Juli 2024 - 11:29 WIB

Tingkatkan Kesadaran Kanker, FIFGROUP Gelar Edukasi dan Deteksi Dini Ikhtisar

Sabtu, 13 Juli 2024 - 10:39 WIB

Hadirkan Kenyamanan Maksimal untuk Penumpang, Maxim Luncurkan Layanan Bike XL di Bandung, Sukabumi, dan Tasikmalaya

Jumat, 12 Juli 2024 - 14:29 WIB

Maxim Luncurkan Layanan Bike XL di Bandung, Sukabumi, dan Tasikmalaya

Jumat, 12 Juli 2024 - 13:18 WIB

Koperasi Miliki Peran Penting Lengkapi Ekosistem Usaha Rakyat

Berita Terbaru

Foto: miga/dara.co.id

BANDUNG UPDATE

Prakiraan Cuaca Bandung, Selasa 16 Juli 2024

Selasa, 16 Jul 2024 - 05:41 WIB

mobil sim keliling kabupaten Bandung

BANDUNG UPDATE

Lokasi Mobil SIM Keliling di Kabupaten Bandung, Selasa 16 Juli 2024

Selasa, 16 Jul 2024 - 05:36 WIB

mobil sim keliling kota Bandung

BANDUNG UPDATE

Lokasi Mobil SIM Keliling di Kota Bandung, Selasa 16 Juli 2024

Selasa, 16 Jul 2024 - 05:34 WIB