Jaswita Jabar Raih Penghargaan Kategori “Cukup Informatif” Dalam E-Monev Keterbukaan Informasi Publik

Foto: Istimewa

PT Jasa dan Kepariwisataan Jabar (Perseroda) meraih penghargaan sebagai BUMD dengan kategori “Cukup Informatif” dalam E-Monev Keterbukaan Informasi Publik (KIP) pada badan publik tingkat Jawa Barat Tahun 2022.


DARA | BUMD jabar lainnya yang juga turut menerima penghargaan serupada alah PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (BJB).

Kegiatan Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik (Monev KIP) Tahun 2022 dimaksudkan untuk menilai sejauh mana Badan Publik, khususnya Badan Publik negara, menjalankan kewajiban-kewajiban layanan informasi kepada masyarakat.

Menurut Ketua Komisi Informasi Jabar Ijang Faisal, E-Monev merupakan suatu terobosan yang diberikan Komisi Informasi dalam melakukan monitoring dan evaluasi badan publik di lingkungan Provinsi Jawa Barat.

“Pengisian kuesionernya dilakukan secara online, dan hasil penilaian diinformasikan secara realtime,” ujar Ijang, Jumat (23/12/2022).

Dalam E Monev Keterbukaan Informasi Publik ini, beberapa indikator yang menjadi standar penilaian dalam pemberian informasi publik ini, diantaranya adalah standar layanan informasi publik yang mencakup sarana publikasi dan desk layanan informasi Jaswita.

Aspek lainnya antara lain, ketersediaan informasi terkait laporan tahunan, laporan keuangan, neraca laba rugi, struktur organisasi, dan lain sebagainya. Beberapa informasi sudah muncul di website Jaswita Jabar, maupun diunggah langsung dalam bentuk foto atau dokumen pendukung ke website E-Monev.

Penghargaan kategori “Cukup Informatif” untuk Jaswita Jabar ini diserahkan oleh Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Rhuzanul Ulum, mewakili Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan diterima langsung oleh Direktur Utama Jaswita Jabar Deni Nurdyana Hadimin di Aula Barat Gedung Sate.

Direktur Utama PT Jaswita Deni Nurdiana menuturkan, penghargaan itu menjadi salah satu capaian terbaik Jaswita Jabar pada tahun 2022 ini dalam upaya memenuhi program Keterbukaan Informasi Publik.

Menurut Deni, sebagai BUMD milik Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Jaswita Jabar sangat menaruh perhatian terhadap upaya-upaya memberikan informasi yang dibutuhkan masyarakat terkait pengelolaan perusahaan.

“Bagaimanapun, Jaswita Jabar adalah BUMD yang dimiliki Pemprov Jabar, oleh karena itu menjadi kewajiban kami untuk terus berusaha memberikan informasi yang diperlukan masyarakat, khususnya terkait tata kelola perusahaan, dan informasi-informasi lain di luar informasi yang dikecualikan,” tutur Deni.

“Penghargaan ini membuktikan bahwa upaya Jaswita untuk memperbaiki beragam aspek dalam pengelolaan informasi dan penyamapainnya kepada publik, mendapat apresiasi dari Komisi Informasi, dan tentu saja hal ini, patut kami syukuri.” imbuhnya.

Seluruh jajaran manajemen Jaswita Jabar, kata Deni, akan terus berusaha agar di tahun-tahun mendatang, Jaswita Jabar naik kategorinya menjadi “Informatif”, kategori tertinggi dalam E-Monev Keterbukaan Informasi Publik.

Acara penyerahan penghargaan Emonev Keterbukaan Informasi Publik ini, juga dihadiri oleh Wakil Ketua DPRD Jabar, Ketua Komisi V DPRD Jabar, Ketua Komisi Informasi Jabar, Beberapa Kepala Daerah Kota dan Kabupaten Jabar dan Beberapa Kepala OPD Jabar.

Editor: denkur

Tinggalkan Balasan