Jambore Pramuka, Emma Dety: Pramuka Bedas Cerdas dan Berkarakter

Selasa, 2 Juli 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Emma Dety berharap Pramuka Bedas bukan sekedar semboyan, tetapi wujud nyata dari upaya untuk mencetak generasi muda yang cerdas, tangkas dan berkarakter.

DARA| Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Bandung Hj. Emma Dety Permanawati mengatakan bahwa pelaksanaan Jambore Pramuka Penggalang Kwarcab Kabupaten Bandung tahun 2024 dengan tema “Pramuka Bedas, Pinter, Singer Tur Miboga Karakter” menggambarkan semangat dan tujuan yang ingin dicapai.

“Kegiatan Jambore Pramuka Penggalang ini membentuk sikap dan prilaku yang baik, meningkatkan kemandirian, keterampilan, serta mempererat persatuan dan kesatuan di antara anggota Pramuka Penggalang,” kata Emma Dety pada sambutannya di acara Jambore Pramuka Penggalang Kwarcab Kabupaten Bandung di Wanawisata Rancaupas Kecamatan Rancabali, Senin (1/7/2024).

“Kita juga berkomitmen untuk menghayati dan mengamalkan kode kehormatan Pramuka, yaitu Satya dan Darma Pramuka dalam kehidupan sehari-hari,” tutur Emma Dety, istri dari Bupati Bandung Dadang Supriatna yang sama-sama hadir pada Jambore Pramuka Penggalang tersebut.

Emma Dety berharap Pramuka Bedas bukan sekedar semboyan, tetapi wujud nyata dari upaya untuk mencetak generasi muda yang cerdas, tangkas dan berkarakter.

“Kegiatan Jambore ini adalah salah satu sarana bagi kita untuk mencapai tujuan tersebut,” katanya.

Bunda Bedas menerangkan pelaksanaan Jambore Pramuka Penggalang Kwarcab Kabupaten Bandung ini diikuti 2.517 peserta, terdiri dari 2.160 Pramuka Penggalang dan 357 pembina pendamping yang tergabung dalam 270 regu.

“Kita berharap para peserta dapat mengembangkan kemampuan mereka, baik dari segi intelektual, emosional, maupun sosial,” katanya.

Emma Dety mengungkapkan bahwa kemandirian dan keterampilan adalah dua hal penting yang akan kita asah selama kegiatan ini.

“Kita ingin agar Pramuka Penggalang mampu berdiri sendiri, mengambil inisiatif, serta memiliki keterampilan yang berguna bagi kehidupan sehari-hari,” harapnya.

Ia mengatakan bahwa jambore ini juga merupakan momen untuk memperkuat komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan Satya dan Darma Pramuka.

“Nilai-nilai yang terkandung dalam kode kehormatan Pramuka adalah fondasi bagi kita dalam menentukan karakter yang tangguh dan berbudi pekerti luhur,” tuturnya.

Oleh karena itu, Emma Dety mengajak kepada para peserta Jambore mari jadikan kegiatan ini sebagai wahana untuk merefleksikan dan memperdalam nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

“Tak lupa, saya ingin menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh panitia, para Mabiran dan Kwarran, para pembina, dan semua pihak yang telah bekerja keras mempersiapkan kegiatan ini,” tuturnya.

Ia berharap pada kegiatan tersebut mendapatkan hasil yang maksimal dan membawa manfaat besar bagi perkembangan Pramuka di Kabupaten Bandung.

“Pramuka sebagai generasi muda memiliki peran penting dalam pembangunan daerah. Semangat kepramukaan yang mengajarkan kemandirian, gotong royong, dan cinta tanah air sangat relevan dengan upaya mewujudkan pembangunan yang berkelanjutan,” tuturnya.

Emma Dety mengatakan bahwa Kabupaten Bandung dengan segenap potensi yang luar biasa, memerlukan dukungan seluruh elemen masyarakat, termasuk Pramuka.

“Untuk itu, mari kita pastikan pembangunan di Kabupaten Bandung semakin Bedas dan berkelanjutan. Saya juga ingin menekankan pentingnya sinergi antara gerakan Pramuka dengan pemerintah dan berbagai pihak terkait,” katanya.

Kerjasama yang baik antara semua elemen masyarakat akan mempererat peran Pramuka dalam mendidik dan membina generasi muda. Dengan harapan mereka bisa menjadi pemimpin yang berkualitas di masa depan.

“Semoga kegiatan Jambore ini banyak menuai manfaat bagi kita insan Pramuka dan juga masyarakat,” katanya.

Editor: Maji

Berita Terkait

Bupati Bandung: Program Insentif Guru Ngaji Untuk Meningkatkan Ukhuwah Islamiah
Laporkan Jika ada Kekerasan dalam Masa Orientasi Siswa Baru
Rembug Bedas : Cara Bupati Bandung Ngecek 13 Program Prioritas
Baznas Jabar Award 2024, Selamat kepada Baznas Kabupaten Sukabumi
Prevalensi Stunting Tinggi, Pemerintah Kabupaten Bandung Gelontorkan Anggaran Rp200 M
Dinas di Kabupaten Bandung Wajib Miliki Layanan Quick Response, Begini Alasannya
Prakiraan Cuaca Bandung, Jumat 12 Juli 2024
Lokasi Mobil SIM Keliling di Kabupaten Bandung, Jumat 12 Juli 2024
Berita ini 11 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 13 Juli 2024 - 14:40 WIB

Bupati Bandung: Program Insentif Guru Ngaji Untuk Meningkatkan Ukhuwah Islamiah

Sabtu, 13 Juli 2024 - 12:02 WIB

Laporkan Jika ada Kekerasan dalam Masa Orientasi Siswa Baru

Jumat, 12 Juli 2024 - 19:55 WIB

Rembug Bedas : Cara Bupati Bandung Ngecek 13 Program Prioritas

Jumat, 12 Juli 2024 - 17:01 WIB

Baznas Jabar Award 2024, Selamat kepada Baznas Kabupaten Sukabumi

Jumat, 12 Juli 2024 - 13:53 WIB

Prevalensi Stunting Tinggi, Pemerintah Kabupaten Bandung Gelontorkan Anggaran Rp200 M

Berita Terbaru


Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Bandung Hj. Emma Dety  Permanawati mengalungkan ID Card kepada peserta Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar Kwartir di Bumi Perkemahan Gentong, Kelurahan Jelekong, Kecamatan Baleendah, Sabtu (13/7/2024).(Foto: diskominfo)

EKSKUL

Emma Dety Ajak Anggota Pramuka Jadi Agen Perubahan

Sabtu, 13 Jul 2024 - 15:30 WIB