Jaga Stabilitas Perusahaan Selama Pandemi, PT KAI Indonesia Kembangkan Strategi Bisnis Inovatif

Rabu, 1 Maret 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Pasca pandemi Covid-19 bukan lagi topik yang langka dibicarakan masyarakat Indonesia. Pemulihan kondisi kehidupan kian meningkat dan mengembalikan aktifitas normal.


DARA | Tidak sedikit perusahaan-perusahaan besar mempertahankan stabilitas bisnis perusahaannya. Hal serupa dirasakan oleh jasa pelayanan transportasi darat seperti PT KAI Indonesia yang telah mengepakkan inovasi bisnisnya selama pandemi.

Berangkat dari ini, MarkPlus Institute bersama Indonesian Marketing Association (IMA) menghadirkan M Club Semarang dengan tajuk “Recovering Stronger : Innovative Strategies to Build Resiliencies” yang diselenggarakan  28 Februari 2023 di Hotel Ibis Budget, Semarang.

Pagelaran ini dihadiri Saepudin Nugroho sebagai Manager KNA PT KAI Daop 4 Semarang untuk mengupas
strategi pemulihan yang berinovasi dengan kemampuan untuk bangkit dan pulih kembali.

Dalam hal ini, Saepudin memaparkan inovasi yang dijalankan oleh PT KAI Indonesia untuk mempertahankan bisnisnya.

Dikenal sebagai inovatif transportasi darat, perusahaan ini menghadirkan tiga pilar yang antara lain adalah Non Transport Comm, Freight Transport, dan Passenger Transport.

Ketiga pilar tersebut dapat dilirik oleh masyarakat dengan berbagai fasilitas yang diberikan oleh PT KAI Indonesia, seperti pemberian dan layanan protokol kesehatan, integrasi metode pembayaran, promo harga tiket, terobosan produk dan layanan baru, dan sebagainya.

Adapun asset commercialization yang diterapkan PT KAI Indonesia guna mengoptimalkan potensi kerjasama dengan pihak lain, termasuk UKM dengan menyewakan aset di Stasiun, pemanfaatan ROW Jalur KA, penyewaan rumah perusahaan, iklan di Stasiun dan Kereta, penjualan Hak Penamaan, dan pengadaan acara-acara yang diselenggarakan oleh PT KAI Indonesia.

“Sebagai contoh dari kerjasama selama pandemi, PT KAI Indonesia dan Universitas Gadjah Mada (UGM), menghadirkan alat pendeteksi virus corona yang kita kenal dengan GeNose. Kerjasama ini kita jalankan untuk mempermudah dan menghadirkan inovasi baru di masa pandemi bagi calon pelancong yang akan bepergian menggunakan Kereta Api” ujar Saepudin dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Rabu (1/3/2023).

Dalam hal lain, perusahaan layanan transportasi ini turut serta mendorong dan mengembangkan UKM Indonesia, Saepudin menjelaskan: “PT KAI Indonesia memberikan beberapa fasilitas UKM Indonesia untuk berkembang, seperti etalase dan katalog penjualan yang dapat digunakan UKM Indonesia.”

Saepudin merangkum cara PT KAI Indonesia mempertahankan stabilitas bisnis dengan Innovation; melakukan terobosan baru dengan mencari sumber pendapatan di luar core business, Adaptability; mampu menyesuaikan dengan kondisi dan kebijakan pemerintah, Customer Behaviour; memahami perilaku dan keinginan pelanggan, dan Change Environment; melindungi sumber daya yang dimiliki bila terjadi perubahan dalam lingkungan pekerjaan.

Pagelaran ini dimeriahkan dengan moderator dari ICSB Semarang, Zhakiyah Joban selaku Wakil Ketua ICSB Semarang.

Ia menegaskan: “untuk melihat peluang suatu bisnis, terkhususnya untuk mempertahankan stabilitas perusahaan, kita harus melihat potensi yang kita punya. Cara-cara ini dapat kita lakukan dengan menganalisa portal aset, melakukan pemetaan target sasaran, dan memprioritaskan kebutuhan pelanggan. Dengan itu, semua akan menghadirkan optimalisasi kualitas pelayanan yang dapat diberikan kepada pelanggan.”

Editor: denkkur

Berita Terkait

CIMB Niaga Hadirkan Festival XTRA 2024, Dorong Inklusi Keuangan dan Tawarkan Lebih dari 6.900 Hadiah Menarik
PT Catur Sentosa Adiprana Tbk Gandeng Paper.id untuk Digitalisasi Pengelolaan Invoice
CIMB Niaga Gelar Rangkaian Acara The Cooler Earth Sustainability Series 2024
Tembus 5,5 Juta Kendaraan, Pertamina Patra Niaga Terus Dorong Masyarakat Daftar QR Pertalite
Pertamina Patra Niaga Turunkan Harga Pertamax Series dan Dex Series Per 1 Oktober 2024
Pameran di Mancanegara, UMKM Pertamina Raih Kesepakatan Transaksi Lebih 2 Miliar
UMKM Binaan Pertamina Jadi Daya Tarik Wisatawan di Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024
Tanggap Kebencanaan, PT Pertamina Patra Niaga Integrated Terminal Jakarta Gunakan Virtual Reality untuk Sosialisasi
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 4 Oktober 2024 - 13:08 WIB

CIMB Niaga Hadirkan Festival XTRA 2024, Dorong Inklusi Keuangan dan Tawarkan Lebih dari 6.900 Hadiah Menarik

Kamis, 3 Oktober 2024 - 08:35 WIB

PT Catur Sentosa Adiprana Tbk Gandeng Paper.id untuk Digitalisasi Pengelolaan Invoice

Kamis, 3 Oktober 2024 - 08:27 WIB

CIMB Niaga Gelar Rangkaian Acara The Cooler Earth Sustainability Series 2024

Rabu, 2 Oktober 2024 - 15:20 WIB

Tembus 5,5 Juta Kendaraan, Pertamina Patra Niaga Terus Dorong Masyarakat Daftar QR Pertalite

Selasa, 1 Oktober 2024 - 10:35 WIB

Pertamina Patra Niaga Turunkan Harga Pertamax Series dan Dex Series Per 1 Oktober 2024

Berita Terbaru