Investasi Kesejahteraan Karyawan serta Teknologi Cloud dan AI Mendorong Peningkatan Kepuasan Pelanggan

mm

Selasa, 27 Juni 2023 - 18:07 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

NTT Ltd, perusahaan infrastruktur dan layanan TI terdepan meluncurkan 2023 Global Customer Experience Report. Mengungkapkan bahwa kepuasan pelanggan (customer experience/CX) menjadi prioritas utama jajaran eksekutif (C-Level), dengan 95% (96% di APAC) perusahaan sekarang memiliki eksekutif C-Level khusus yang bertanggung jawab atas area bisnis ini.

DARA | Pada saat yang sama kesejahteraan karyawan (employee experience/EX) juga turut meningkat, menjadi
prioritas tiga besar bagi CEO.

Laporan tersebut menunjukkan mayoritas CEO setuju bahwa peningkatan kepuasan pelanggan (92%) dan kesejahteraan karyawan (91%) akan secara langsung memengaruhi laba bersih mereka.

Namun, masih ada ruang untuk perbaikan, karena lebih dari 80% perusahaan menilai bahwa kepuasan pelanggan dan kesejahteraan karyawan saat ini merupakan penghubung yang lemah bagi mereka, bahkan cenderung berdampak negatif terhadap bisnis mereka.

Data mengungkapkan, perusahaan berkinerja terbaik hampir dua kali lebih mudah mengadopsi digitalisasi lebih maju dibandingkan perusahaan yang berkinerja buruk. Teknologi berbasis cloud dan AI, otomatisasi, serta fitur pembelajaran mesin berperan penting sebagai strategi terbaik untuk mencapai kepuasaan pelanggan dan kesejahteraan karyawan.

Temuan utama global dari laporan ini meliputi:
· Teknologi cloud berada di puncak daftar solusi yang akan mengubah masa depan dalam mengukur kepuasan pelanggan, satu peringkat di atas AI (di tempat kedua) dan analitik prediktif.
· Perusahaan berkinerja terbaik sudah memprioritaskan AI, kendati sebagian besar perusahaan lain masih memasukkan teknologi ini dalam rencana tiga tahun mereka.
· Hanya 60% perusahaan yang mengatakan strategi kepuasan pelanggan mereka sepenuhnya selaras dengan strategi bisnis mereka, sedangkan 44% melaporkan keselarasan penuh untuk strategi kesejahteraan karyawan (dibandingkan dengan masing-masing 74% dan 58% yang berkinerja terbaik).
· Lebih dari dua pertiga (69%) interaksi kepuasan pelanggan masih memerlukan beberapa bentuk dukungan manusia dalam waktu dekat, menekankan kembali pentingnya kesejahteraan karyawan dengan memfasilitasi mereka dengan perangkat dan pengetahuan yang tepat di mana pun mereka bekerja.
· Sebanyak 96% organisasi setuju dan 45% sangat setuju bahwa pola kerja dan keterlibatan karyawan yang terus berkembang akan mendorong tuntutan pembaruan teknologi.
· Perusahaan berkinerja terbaik hampir tiga kali lebih mungkin untuk sepenuhnya melibatkan tim keamanan siber mereka untuk mengambil keputusan pada teknologi pengukuran kepuasan pelanggan dan kesejahteraan karyawan daripada perusahaan yang berkinerja buruk.

Temuan-temuan khusus APAC dari laporan ini meliputi:

. Sebanyak 92% perusahaan setuju bahwa kesejahteraan karyawan yang lebih baik akan secara langsung memengaruhi laba bersih mereka. Sebanyak 96% perusahaan mengatakan hal yang sama tentang kepuasaan pelanggan.
· Sebanyak 51% CEO sangat setuju bahwa menyelaraskan strategi kepuasan pelanggan dan kesejahteraan karyawan akan berdampak maksimal terhadap pertumbuhan bisnis.
· Sebanyak 96% perusahaan memandang pemanfaatan cloud merupakan hal penting untuk meraih kesejahteraan karyawan dan kepuasan pelanggan.
· Sebanyak 96% perusahaan sekarang memiliki eksekutif C-Level khusus yang bertanggung jawab atas area bisnis ini.
· Lebih dari 75% organisasi setuju bahwa kepuasan pelanggan dan kesejahteraan karyawan saat ini merupakan mata rantai yang lemah bagi mereka.
· Hanya 63% perusahaan yang mengatakan strategi kepuasan pelanggan sepenuhnya selaras dengan strategi bisnis, sedangkan 44% perusahaan melaporkan keselarasan penuh untuk strategi kesejahteraan karyawan.
· Lebih dari dua pertiga (70%) interaksi kepuasan pelanggan masih akan memerlukan beberapa bentuk dukungan manusia dalam waktu dekat, menekankan kembali pentingnya kesejahteraan karyawan dengan memfasilitasi mereka dengan perangkat dan pengetahuan yang tepat di mana pun mereka bekerja.
· Sebanyak 96% perusahaan setuju dan 44% sangat setuju bahwa pola kerja dan keterlibatan karyawan yang terus berkembang akan mendorong tuntutan pembaruan teknologi.

“Selama beberapa tahun terakhir, NTT Ltd telah menyaksikan peningkatan hubungan antara kepuasan pelanggan dan kesejahteraan karyawan, serta perlunya teknologi untuk menjembatani keduanya. Data kami menunjukkan bahwa perusahaan yang berinvestasi pada teknologi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan kesejahteraan karyawan secara signifikan lebih berpeluang di posisi terdepan. Tidak hanya dalam keuangan, tetapi juga dalam kepuasan pelanggan dan karyawan,” tutur Amit Dhingra, Executive Vice President, Managed Network and Collaboration Services, NTT Ltd, dalam rilis, Selasa (27/6/2023).

Editor: denkur

 

Berita Terkait

CIMB Niaga dan XL Axiata Jalin Kerja Sama Sinergikan Layanan Perbankan dan Telekomunikasi
Astra Financial Hadirkan Booth Seru dan Interaktif di GIIAS Surabaya 2023
Menkominfo Minta OJK Blokir Rekening Bank Terkait Judi Online
Dorong UMKM Tembus Pasar Ekspor, Pertamina Promosikan 10 UKM di China ASEAN EXPO 2023
Kriyanusa 2023 : UMKM Pertamina Siap Naik Kelas Masuki Pasar Global
HUB.ID-Nex-BE, Sinergi untuk Percepat Pertumbuhan Ekonomi Digital
Soal Kenaikan Harga Beras, Begini Penjelasan Mendag
Peluncuran Kolaborasi UNIQLO dan KAWS Diwarnai Antrian Panjang di Seluruh Dunia

Berita Terkait

Jumat, 22 September 2023 - 22:00 WIB

Breaking News, Gunung Jayanti Kebakaran

Jumat, 22 September 2023 - 21:49 WIB

Sembilan Pelajar Terduga Penganiayaan Diciduk Polisi, Ini Penyebabnya

Jumat, 22 September 2023 - 19:51 WIB

Rusak Estetika, Satpol PP Kabupaten Bandung Bongkar Baliho Pasangan Capres dan Tokoh Politik

Jumat, 22 September 2023 - 18:57 WIB

Ini yang Bakal Terjadi Jika Prabowo Duet dengan Ganjar

Jumat, 22 September 2023 - 18:30 WIB

Inilah Susunan Panitia Nasional Piala Dunia U-17

Jumat, 22 September 2023 - 18:19 WIB

Sudah Diresmikan Jokowi, Ada Pusat Pelatihan Sepak Bola di IKN

Jumat, 22 September 2023 - 14:54 WIB

Pilkades Serentak di Kabupaten Bandung Digelar 11 Oktober, Bupati : Kerukunan Masyarakat Jangan Terpecah

Jumat, 22 September 2023 - 14:28 WIB

RAPBD Perubahan 2023 Bandung Barat, Fokus Layanan Dasar Masyarakat

Berita Terbaru

Gunung Jayanti (Foto: Istimewa)

HEADLINE

Breaking News, Gunung Jayanti Kebakaran

Jumat, 22 Sep 2023 - 22:00 WIB

Foto: RAKYATCIREBON.ID

HEADLINE

Ini yang Bakal Terjadi Jika Prabowo Duet dengan Ganjar

Jumat, 22 Sep 2023 - 18:57 WIB