JABAR  

Gaspol Jaga Stabilitas Pangan, Bupati Sukabumi tak Tanggung-tanggung Bikin Enam Lumbung Pangan

mm

Enam lumbung pangan itu dikelola komunitas Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) dan diresmikan Bupati Sukabumi Marwan Hamami.


DARA | Komunitas Gapoktan pengelola lumbung pangan tersebut adalah:

-Gapoktan Tunas Jaya Desa Cikangkung Kecamatan Ciracap,

-Gapoktan Sinar Tani Desa Jampang Tengah Kecamatan Jampang Tengah,

-Gapoktan Tunas Bangsa Desa Bantarsari Kecamatan Pabuaran,

-Gapoktan Margamulya Desa Margaluyu Kecamatan Sagaranten,

-Gapoktan Rukun Warga Desa Cimahpar Kecamatan Kalibunder,

-Gapoktan Mitra Mandiri Desa Cikarang Kecamatan Jampang Kulon.

Peresmian dipusatkan di Gapoktan Tunas Jaya Desa Cikangkung, Kecamatan Ciracap, Kamis (26/1/2023).

Bupati Sukabumi Marwan Hamami dalam sambutannya mengatakan, pembangunan lumbung pangan ini wujud nyata kesungguhan pemerintah pusat hingga daerah untuk menjaga stabilitas ketersediaan pangan, cadangan pangan, dan aksebilitas masyarakat terhadap pangan.

“Ini adalah salah satu harapan Bapak Presiden RI untuk bisa menepis terjadinya resesi ekonomi global di tahun 2023,. Gapoktan yang diamanahi untuk mengelola lumbung ini harus dikelola dengan sungguh-sungguh, baik dari segi pengelolaan maupun perawatan supaya keutuhan mesin agar selalu terjamin” Terangnya

Bupati menyebut, diprediksi harga pangan akan terus melonjak yang berakibat terjadinya inflasi, maka dari itu peran LPM harus terus tumbuh dan berinovasi terhadap kemajuan pertanian di daerah agar peran dan fungsinya bisa dirasakan oleh masyarakat.

“Saya meminta kepada Dinas Ketahanan Pangan, Camat dan Kepala Desa agar gapoktan untuk terus diawasi agar LPM bisa dikelola dengan baik sehingga bisa tumbuh dan berkembang demi mensejahterakan masyarakat melalui potensi pertanian yang kita miliki,” ujarnya.

Bupati menuturkan, dibangunnya lumbung pangan ini ialah satu bentuk prinsip pemerintah dalam menghadapi situasi dan kondisi bangsa kedepan dengan hirup pikuk ekonomi yang semakin sulit.

“Pertahankan potensi lahan sawah yang ada di wilayah bapak dan ibu, cermati dan kembangkan potensi ini dengan kreasi dan inovasi yang dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat desa khususnya para petani di Kab. Sukabumi,” tuturnya.

Bupati berharap, dengan dibangunnya aset ini bisa menjadi peluang usaha bagi masyarakat di Kab. Sukabumi.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Sukabumi Hari Riadi menjelaskan, Kabupaten Sukabumi memiliki potensi pertanian yang cukup besar terutama komoditas padi, ada 60 persen luas areal pertanaman padi berada di wilayah selatan (pajampangan) yang sebagian besar merupakan sawah tadah hujan.

Hal ini mengakibatkan terjadinya masalah dimana pada musim panen raya produksi melimpah sehingga harga yang diterima petani sangat rendah, apalagi pada saat musim paceklik tidak adanya panen sehingga ketersediaan beras berkurang.

“Maka dengan ini perlu adanya tata kelola distribusi dan cadangan pangan di kabupaten sukabumi, satu diantaranya Pembangunan Lumbung Padi Masyarakat,” katanya.

Kadis KP membeberkan, pembangunan lumbung pangan masyarakat ini bertujuan untuk pengembangan penyediaan cadangan pangan dengan sistem tunda jual, penyimpanan, pendistribusisn, pengolahan dan perdagangan bahan pangan yang dikelola secara berkelompok dalam wadah gapoktan (gabungan kelompok tani).

“Selain itu dengan LPM ini bisa memenuhi penyediaan pangan dan memberikan kemudahan akses pangan, baik secara fisik maupun ekonomi berupa peningkatan daya beli masyarakat,” ujarnya.

Kadis menambahkan, pembangunan ini bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik penugasan bidang pertanian tahun anggaran 2022, meliputi pembangunan LPM dan sarana pendukungnya.

Sebanyak 6 unit dengan komponen bersumber dari DAK tersebut, yang terdiri dari bangunan lumbung, bangunan rumah RMU dan bed dryer, lantai jemur, 1 paket RMU dan 1 paket bed dryer.

“Semoga pembangunan lumbung pangan masyarakat ini mampu menjawab permasalahan yang selama ini terjadi di hadapan para petani,” ujarnya.

Diakhir kegiatan dilakukan penandatanganan prasasti dan penyerahan kepada enam ketua gapoktan oleh Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami. Acara dilanjutkan peninjauan dan uji coba alat LPM.

Editor: denkur

Foto: Istimewa

Tinggalkan Balasan