Dukung Terciptanya Inovator Muda, Sampoerna Academy Kembali Gelar STEAM Expo 2024

Sabtu, 2 Maret 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

(Dari kiri ke kanan) Frida Dwiyanti, Principal of Sampoerna Academy Sentul dan Winner Jihad
Akbar, S.Si., M.Ak., Direktur Sekolah Menengah Atas KEMENDIKBUDRISTEK RI membahas tentang
pendekatan pembelajaran STEAM yang digunakan untuk mendorong dan membantu siswa
mengintegrasikan serta menerapkan pengetahuan dari berbagai bidang ilmu dalam rangkaian kegiatan
STEAM Expo 2024 di Sampoerna Academy Sentul (Foto: Istimewa)

(Dari kiri ke kanan) Frida Dwiyanti, Principal of Sampoerna Academy Sentul dan Winner Jihad Akbar, S.Si., M.Ak., Direktur Sekolah Menengah Atas KEMENDIKBUDRISTEK RI membahas tentang pendekatan pembelajaran STEAM yang digunakan untuk mendorong dan membantu siswa mengintegrasikan serta menerapkan pengetahuan dari berbagai bidang ilmu dalam rangkaian kegiatan STEAM Expo 2024 di Sampoerna Academy Sentul (Foto: Istimewa)

Sampoerna Academy berkomitmen untuk membuka pintu menuju masa depan inovatif dan berdaya saing tinggi melalui pendidikan STEAM yang inspiratif dan berkualitas.

DARA | Salah satunya melalui penyelenggaraan STEAM EXPO 2024 yang secara serentak diselenggarakan
di seluruh sekolah Sampoerna Academy Jakarta, Sentul, BSD, Surabaya, dan Medan.

Acara ini merupakan platform untuk menampilkan karya-karya siswa dan menginspirasi lahirnya calon inovator muda yang peka terhadap kebutuhan dan kondisi sekitarnya, seperti isu keberlanjutan, budaya, hingga arsitektural.

Pendekatan pembelajaran STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics) digunakan untuk mendorong dan membantu siswa mengintegrasikan serta menerapkan pengetahuan dari berbagai bidang ilmu, sehingga mereka dapat berpikir secara terhubung dan holistik serta menerapkan langsung pada masalah-masalah kehidupan nyata.

Metode pembelajaran STEAM di Sampoerna Academy difokuskan untuk memperkuat lima komponen penting siswa yang dikenal dengan 5C (Critical Thinking, Creativity, Communication, Collaboration, and Character), sehingga siswa dapat menjadi inovator dan pemberi solusi masalah di masa depan.

Dr Mustafa Guvercin selaku Academic Director of Sampoerna Academy menjelaskan bahwa STEAM Expo 2024 yang hadir dengan tema “Build, Create and Innovate” berupaya menginspirasi pembelajaran berbasis pengalaman langsung.

“Melalui acara ini, kami ingin membina rasa percaya diri dan keyakinan diri di antara siswa-siswa kami. Kami berusaha untuk menanamkan kepada mereka semangat untuk berinovasi sejak usia dini untuk mempersiapkan mereka menjadi inovator dan pemimpin masa depan,” ujar Dr Guvercin.

Ditemui di kesempatan yang sama, Frida Dwiyanti selaku Principal of Sampoerna Academy Sentul menjelaskan bahwa acara tahunan ini merupakan platform untuk menampilkan perkembangan pembelajaran siswa.

Acara ini sejalan dengan visi Sampoerna Academy untuk menghasilkan pemimpin masa depan yang terus belajar, kreatif, berpikir kritis, dan dapat menyelesaikan masalah. Ini adalah kesempatan bagi siswa untuk berinovasi dengan menerapkan pengetahuan yang mereka peroleh di sekolah.

“Tahun ini, siswa telah menciptakan berbagai karya berbasis STEAM yang relevan dengan kebutuhan dan kondisi sekitar, termasuk isu-isu keberlanjutan, seni dan budaya, serta arsitektur,” kata Frida dalam keterangan tertulis, Sabtu (2/3/2024).

STEAM Expo 2024 diadakan secara bersamaan di semua cabang Sampoerna Academy Jakarta, Sentul, BSD, Surabaya, dan Medan pada tanggal 1 – 2 Maret 2024, dengan total 700 karya dan 2000 peserta.

Di Sampoerna Academy Sentul, terdapat karya yang unggulan seperti PSB (Pollution Solver Bot), Hollow block with plastic waste mixture, Designing a hyperloop system, AI Powered Robot dan Producing fuel from trash.

Acara ini juga didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI yang sejalan dengan misinya untuk mendukung pembinaan calon inovator muda.

Winner Jihad Akbar, S.Si., M.Ak selaku Direktur Sekolah Menengah Atas KEMENDIKBUDRISTEK RI menyatakan bahwa penerapan metode STEAM yang berbasis project-based learning sejalan dengan profil peserta didik pada kurikulum merdeka yang menargetkan kreativitas dan inovasi.

“Kami terinspirasi dari Sampoerna Academy dalam menerapkan project-based learning yang memiliki bobot 30% dari Kurikulum Merdeka,” katanya.

Dalam rangkaian acara ini, Sampoerna Academy juga kembali menghadirkan STEAM Inter-School Competition 2024 yang memberikan kesempatan kepada para siswa dari sekolah lain untuk turut berpartisipasi dan berkompetisi dengan metode STEAM.

Acara ini diadakan sebagai upaya Sampoerna Academy untuk mendorong minat generasi muda untuk menjadi inovator masa depan melalui pengalaman langsung yang menarik baik dalam konteks pendidikan maupun di luar
lingkungan sekolah.

“Kami berharap STEAM Expo 2024 dapat menginspirasi lebih banyak anak untuk menjadi inovator yang peka terhadap lingkungan sekitarnya, sehingga mereka menjadi generasi unggul yang mampu membawa perubahan yang lebih baik di masa depan,” tutur Frida.

Editor: denkur

Berita Terkait

Hadirkan Inovasi Digital, bank bjb Perkenalkan Pembaruan Aplikasi DIGI bank bjb 
Hadir di Pulau Dewata, Untung Penuhi Segala Kebutuhan di SPEKTRA Meriah
Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Raih Kemenangan dalam Ajang Derap Kerja Sama Jakarta 2024
MUJ Siapkan Strategi Prioritas Genjot Bisnis Migas
Perkuat Distribusi Nasional, Goodyear Indonesia Gelar Sertifikasi Tire Adjuster Nasional Tahunan
Kolaborasi CIMB Niaga Syariah dan Batununggal Group Luncurkan Affinity Card untuk Keanggotaan Eksklusif
Tingkatkan Kesadaran Kanker, FIFGROUP Gelar Edukasi dan Deteksi Dini Ikhtisar
Hadirkan Kenyamanan Maksimal untuk Penumpang, Maxim Luncurkan Layanan Bike XL di Bandung, Sukabumi, dan Tasikmalaya
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 22 Juli 2024 - 18:47 WIB

Hadirkan Inovasi Digital, bank bjb Perkenalkan Pembaruan Aplikasi DIGI bank bjb 

Minggu, 21 Juli 2024 - 15:21 WIB

Hadir di Pulau Dewata, Untung Penuhi Segala Kebutuhan di SPEKTRA Meriah

Sabtu, 20 Juli 2024 - 11:08 WIB

Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Raih Kemenangan dalam Ajang Derap Kerja Sama Jakarta 2024

Sabtu, 20 Juli 2024 - 10:47 WIB

MUJ Siapkan Strategi Prioritas Genjot Bisnis Migas

Jumat, 19 Juli 2024 - 18:51 WIB

Perkuat Distribusi Nasional, Goodyear Indonesia Gelar Sertifikasi Tire Adjuster Nasional Tahunan

Berita Terbaru

CATATAN

PASCA JOE BIDEN Dari Zampoli Hingga Johnson

Senin, 22 Jul 2024 - 19:05 WIB

DISDIK

Proyek e- Katalog Disdik Jabar Jadi Sorotan

Senin, 22 Jul 2024 - 18:36 WIB