Disdik Jabar Anulir 200 lebih, CPD PPDB 2024

Selasa, 2 Juli 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

DARA | Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jawa Barat (Jabar) menganulir 200 lebih calon peserta didik baru (CPD) yang terbukti melakukan kecurangan pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA, SMK, SLB Tahap I. 

Plh Kadisdik Jabar, M Ade Afriandi menegaskan, kecurangan yang dilakukan adalah memanipulasi domisili pada Kartu Keluarga (KK).

“Sudah terbukti di tahap pertama, kami menganulir lebih dari 200 calon peserta didik karena terbukti menggunakan KK di alamat bukan domisili siswa,” ungkap Plh. Kadisdik pada acara BRAGA “Bincang Warga” di TVRI Jabar, Kota Bandung, Selasa (2/7/2024).

Plh. Kadisdik menegaskan, pemerintah tidak akan menoleransi segala bentuk kecurangan dalam proses PPDB 2024. “Bahkan, jika calon peserta didik telah dinyatakan lulus namun kemudian terbukti melakukan kecurangan, mereka akan langsung dicoret dari daftar penerimaan,” tegasnya.

Ketegasan tersebut, tambahnya, merupakan wujud integritas Disdik Jabar serta stakeholder lainnya untuk menghadirkan pelayanan pendidikan yang lebih baik. “Kita memahami calon peserta didik adalah calon pemimpin bangsa. Kejujuran di hari ini akan menghasilkan pemimpin yang jujur,” ungkapnya.

Validasi data pun, lanjutnya, terus dijalankan, dibantu oleh panitia di bidang pengawasan yang bukan hanya dari Disdik, tapi juga melibatkan TNI, Polri dan Satpol PP. Plh. Kadisdik berpesan, bagi CPD yang tidak lolos jangan memaksakan diri untuk masuk ke sekolah yang diinginkan dengan cara-cara yang melanggar aturan. 

“Yang terpenting adalah sekolah, baik di negeri ataupun swasta. Jika melanggar, kami akan tindak. Ini sudah terbukti di tahap pertama, kami menganulir lebih dari 200 CPD karena menggunakan KK di alamat bukan domisili siswa,” tegasnya.

200 Ribu Lebih CPD Mendaftar di PPDB Tahap 2

Sebanyak 207.183 CPD telah mendaftar pada PPDB SMA, SMK, SLB tahap 2. “Jumlah tersebut melebihi kuota yang tersedia, yakni 162.673 CPD untuk seluruh SMA, SMK, dan SLB di Jabar,” terang Plh. Kadisdik.

Ia menambahkan, pengumuman PPDB tahap II akan dilaksanakan pada 5 Juli 2024. “CPD bisa memantau secara online, baik di laman Disdik Jabar maupun aplikasi Sapawarga. Bagi mereka yang dinyatakan lolos, daftar ulang dilaksanakan tanggal 8 sampai 9 Juli,” jelasnya.

Apresiasi dari Pengamat Pendidikan

Pengamat Pendidikan Indonesia, Cecep Darmawan pun mengapresiasi ketegasan Disdik Jabar pada pelaksanaan PPDB tahun ini dengan menganulir calon peserta didik yang melakukan kecurangan. 

“Pemerintah Jabar sudah berupaya menegakkan aturan, termasuk membatalkan sejumlah calon peserta didik (yang terbukti melakukan kecurangan). Ini langkah luar biasa,” ucapnya.

Disdik Jabar juga, tambahnya, sudah meneken pakta integritas bersama seluruh stakeholder Forkopimda Jabar. “Penandatanganan pakta integritas untuk PPDB tahun depan harus lebih diperluas, misalnya dengan melibatkan perguruan tinggi dan lembaga lain dalam proses pengawasan,” saran Guru Besar UPI tersebut. 

Namun, tambahnya, ketegasan Disdik Jabar dalam penegakan aturan harus dibarengi dengan peningkatan standardisasi sekolah agar jumlah sekolah yang berkualitas pun terus bertambah.

Berita Terkait

Proyek e- Katalog Disdik Jabar Jadi Sorotan
Proyek e katalog di Disdik Jabar Ajang Bancakan Ordal
Plh Kadisdik Jabar Ade, Apresiasi Kinerja PPDB Tahap 2 di SMAN Palimanan dan Cirebon
PPDB 2024 di Kabupaten Indramayu Delapan SMAN Harus Jemput Bola Mendapatkan CPD
PPDB JABAR 2024, Tes Kemampuan Prestasi Calon Peserta Didik Tahap II Digelar
PPDB Jabar 2024, Pj Gubernur Jabar Ancam Anulir Kelulusan Jika Terbukti Curang
PPDB SMAN dan SMKN di Jabar Tak Sesuai Domisili, TIm Disdik Gercep Cek Lapangan
PPDB 2024 Jabar,Plh Kadisdik Jabar : Masih Terjadi Titip Menitip
Berita ini 2 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 22 Juli 2024 - 18:36 WIB

Proyek e- Katalog Disdik Jabar Jadi Sorotan

Kamis, 11 Juli 2024 - 20:40 WIB

Proyek e katalog di Disdik Jabar Ajang Bancakan Ordal

Jumat, 5 Juli 2024 - 09:41 WIB

Plh Kadisdik Jabar Ade, Apresiasi Kinerja PPDB Tahap 2 di SMAN Palimanan dan Cirebon

Kamis, 4 Juli 2024 - 09:49 WIB

PPDB 2024 di Kabupaten Indramayu Delapan SMAN Harus Jemput Bola Mendapatkan CPD

Selasa, 2 Juli 2024 - 14:09 WIB

PPDB JABAR 2024, Tes Kemampuan Prestasi Calon Peserta Didik Tahap II Digelar

Berita Terbaru

CATATAN

PASCA JOE BIDEN Dari Zampoli Hingga Johnson

Senin, 22 Jul 2024 - 19:05 WIB

DISDIK

Proyek e- Katalog Disdik Jabar Jadi Sorotan

Senin, 22 Jul 2024 - 18:36 WIB