CIMB Niaga Hadirkan Pengalaman Perbankan Optimal untuk Nasabah di Samarinda

Selasa, 28 Mei 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Berikan nilai tambah kepada nasabah melalui berbagai inisiatif, termasuk penyelenggaraan Ngobrolin Biznis (Ngobiz) bersama para pelaku usaha kapal tongkang.

DARA | Menghadirkan pengalaman perbankan (customer experience) yang optimal selalu menjadi prioritas PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) untuk menjaga loyalitas nasabah di berbagai daerah, termasuk di Samarinda, Kalimantan Timur.

Melalui 4 kantor cabang yang berlokasi di Jalan Simpang Merak, Jalan KH Khalid, Jalan Ir H Juanda, dan Jalan Bung Tomo serta 17 mesin ATM yang tersebar di sejumlah titik, beragam aktivitas perbankan dapat dilakukan dengan mudah, karena bagi CIMB Niaga, nasabah adalah #YangUtama.

Tidak hanya itu, untuk layanan yang lebih cepat, nasabah juga bisa memanfaatkan layanan digital seperti aplikasi digital banking OCTO Mobile dan OCTO Clicks yang memberikan kemudahan dalam mengakses layanan perbankan kapan saja dan di mana saja.

Adapun nasabah bisnis CIMB Niaga mendapatkan dukungan maksimal melalui BizChannel@CIMB yang membuat berbagai transaksi bisnis menjadi lebih teratur dan efisien. Bagi nasabah merchant atau pemilik toko, CIMB Niaga juga menyediakan aplikasi OCTO Merchant, sehingga transaksi jual beli menjadi lebih praktis.

Head of Region Jakarta A dan Kalimantan CIMB Niaga Evita Barliana menjelaskan, Kota Samarinda merupakan daerah tepian yang kini telah berkembang menjadi pusat pemerintahan, perdagangan, dan industri di Kalimantan Timur.

Karena itu, selain mengoptimalkan layanan melalui beragam channel, CIMB Niaga juga memberikan nilai tambah bagi nasabah dengan berbagai inisiatif. Salah satunya menyelenggarakan acara Ngobrolin Biznis (Ngobiz) pada 27 Mei 2024, yang mengajak para pelaku usaha kapal tongkang di Samarinda untuk lebih memahami aturan
perpajakan dalam industri perkapalan, khususnya di pasar ekspor.

“CIMB Niaga berkomitmen memberikan layanan yang prima bagi para nasabah di Samarinda dengan memadukan semua kapabilitas bank, baik jaringan kantor cabang fisik yang didukung SDM ramah dan profesional, maupun layanan berbasis digital,” kata Evita dalam Media Gathering Bersama CIMB Niaga di Samarinda, Selasa
(28/5/2024).

“Kami berharap dukungan layanan lengkap dan inisiatif acara Ngobiz tersebut dapat meningkatkan customer experience dan memberikan wawasan baru bagi pelaku usaha di industri perkapalan. Dengan pengetahuan tersebut nasabah diharapkan dapat mengelola pajak secara efektif dan semakin siap untuk bersaing di pasar internasional,” imbuhnya.

Raih Kinerja Positif pada Kuartal I/2024

Beragam inisiatif dan kemudahan layanan yang diberikan CIMB Niaga termasuk di Samarinda, baik melalui kantor cabang maupun kanal digital, turut berkontribusi terhadap pertumbuhan kinerja CIMB Niaga secara nasional. Pada kuartal pertama 2024, CIMB Niaga melaporkan perolehan laba sebelum pajak konsolidasi (unaudited) sebesar Rp2,2 triliun, naik sebesar 7,8% year-on-year (Y-o-Y), dan menghasilkan earnings per share Rp66,96.

“Atas dukungan stakeholders khususnya para nasabah, kami dapat mengumumkan awal yang baik untuk tahun 2024. Pertumbuhan kredit/pembiayaan yang sehat dan indikator kualitas aset yang membaik menjadi dasar yang kuat bagi kami untuk terus memberikan nilai lebih. Ke depan, kami akan terus meningkatkan customer experience melalui inovasi digital. Dengan kemampuan sumber daya dan digital serta jaringan, kami siap menciptakan nilai jangka panjang dengan memprioritaskan kebutuhan para stakeholders dan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ujar Evita.

CIMB Niaga senantiasa menjaga posisi permodalan dan likuiditas yang solid dengan capital adequacy ratio (CAR) dan loan to deposit ratio (LDR) masing-masing sebesar 24,5% dan 84,2%.

Total aset konsolidasian adalah sebesar Rp333,0 triliun per 31 Maret 2024, yang semakin memperkuat posisi CIMB Niaga sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia.

Total Dana Pihak Ketiga (DPK) meningkat menjadi Rp248,0 triliun (+3,3% Y-o-Y), menunjukkan rasio current account and savings account (CASA) yang baik sebesar 64,6%.

Sementara itu, CASA tumbuh 8,9% Y-o-Y, sebagai hasil upaya Bank membina hubungan nasabah yang lebih erat dan meningkatkan pengalaman nasabah secara keseluruhan melalui layanan digital CIMB Niaga.

Jumlah kredit/pembiayaan naik 6,0% Y-o-Y menjadi Rp211,6 triliun, terutama berasal dari pertumbuhan pada Usaha Kecil Menengah (UKM) yang naik 9,4% Y-o-Y dan Perbankan Konsumer yang tumbuh 6,9% Y-o-Y.

Kenaikan tertinggi di kredit/pembiayaan retail terutama dikontribusikan dari pertumbuhan Kredit Pemilikan Mobil (KPM) yang meningkat sebesar 15,8% Y-o-Y.

Di perbankan Syariah, Unit Usaha Syariah (UUS) CIMB Niaga (CIMB Niaga Syariah) berhasil mempertahankan posisinya sebagai UUS terbesar di Indonesia, dengan total pembiayaan Rp56,2 triliun (+15,4% Y-o-Y) dan DPK sebesar Rp50,6 triliun (+2,6% Y-o-Y) per 31 Maret 2024.

Adapun pertumbuhan pembiayaan signifikan tersebut sebagian besar dikontribusi oleh segmen ritel. CIMB
Niaga Syariah tetap fokus pada peningkatan komposisi pendanaan, khususnya pendanaan murah dengan terus mengembangkan jaringan komunitas.

“Selain itu, hampir 26% dari total pembiayaan Bank (atau setara dengan Rp54,8 triliun) mendukung transisi yang berkelanjutan menuju ekonomi rendah karbon, Perjanjian Paris, dan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG). Hal ini dibuktikan dengan terpilihnya CIMB Niaga sebagai salah satu dari tujuh bank yang mewakili komitmen industri perbankan nasional dalam mencapai Net Zero Emission (NZE) Indonesia, yang ditargetkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK),” ttutur Evita dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Selasa (28/5/2024).

Adapun sebagai bagian dari corporate citizenship, CIMB Niaga memiliki perhatian besar kepada kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karenanya, Perseroan bekerja sama dengan dan United Nations Children's Fund (UNICEF) mendukung upaya  Pemerintah dalam mencegah dan mengurangi masalah gizi buruk dan stunting di Indonesia, khususnya di Nusa Tenggara Timur. ***

Editor: denkur

 

Berita Terkait

Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Amankan Pasokan BBM dan LPG Jelang Idul Adha 1445 H
Prioritaskan Pengguna Utama, Paper.id Tumbuh 30x dan Sukses Raih Penggalangan Dana Seri B
Libur Sekolah Lebih Seru dengan Diskon 75 Persen di OYO
Melihat Pos Keuangan Gen Z, Milenial, dan Gen X: dari Angsuran hingga Investasi
Dialog Inspiratif AstraPay: Bank Indonesia Apresiasi AstraPay Gelar Program Literasi Keuangan Digital
Dua Program Inisiatif OYO, Efektif Berikan Lonjakan pada Peringkat Penilaian Pelanggan
FIFGROUP di Semesta Berpesta Tasikmalaya, Nikmati Festival Musik Sembari Penuhi Segala Kebutuhan Pembiayaan Key Message
CIMB Niaga Syariah Salurkan Program Idul Adha 1445 H, Berbagi Kebaikan untuk Semua
Berita ini 2 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 15 Juni 2024 - 21:04 WIB

Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Amankan Pasokan BBM dan LPG Jelang Idul Adha 1445 H

Sabtu, 15 Juni 2024 - 18:17 WIB

Prioritaskan Pengguna Utama, Paper.id Tumbuh 30x dan Sukses Raih Penggalangan Dana Seri B

Sabtu, 15 Juni 2024 - 18:08 WIB

Libur Sekolah Lebih Seru dengan Diskon 75 Persen di OYO

Sabtu, 15 Juni 2024 - 17:59 WIB

Melihat Pos Keuangan Gen Z, Milenial, dan Gen X: dari Angsuran hingga Investasi

Kamis, 13 Juni 2024 - 19:58 WIB

Dialog Inspiratif AstraPay: Bank Indonesia Apresiasi AstraPay Gelar Program Literasi Keuangan Digital

Selasa, 11 Juni 2024 - 16:46 WIB

Dua Program Inisiatif OYO, Efektif Berikan Lonjakan pada Peringkat Penilaian Pelanggan

Sabtu, 8 Juni 2024 - 14:24 WIB

FIFGROUP di Semesta Berpesta Tasikmalaya, Nikmati Festival Musik Sembari Penuhi Segala Kebutuhan Pembiayaan Key Message

Jumat, 7 Juni 2024 - 14:45 WIB

CIMB Niaga Syariah Salurkan Program Idul Adha 1445 H, Berbagi Kebaikan untuk Semua

Berita Terbaru

Foto: miga/dara.co.id

BANDUNG UPDATE

Prakiraan Cuaca Bandung, Minggu 16 Juni 2024

Minggu, 16 Jun 2024 - 06:52 WIB