Cek Hasil Akhir Proyek APBD, Bupati Cirebon Pimpin Langsung Safari Pembangunan

Rabu, 6 Desember 2023

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Dipenghujung tahun acara safari pembangunan dilaksanakan guna cek hasil akhir pekerjaan yang dikerjakan oleh pemborong.

DARA | Pengecekan pembangunan infrastruktur tahun anggaran APBD 2023 dipimpin oleh Bupati Cirebon langsung beserta unsur Fokopimda dan didampingi kepala SKPD.

Kegiatan Safari pembangunan dilaksanakan oleh Bagian Administrasi Pembangunan Setda Kabupaten Cirebon, untuk mengecek langsung di lapangan hasil akhir pekerjaan fisik yang dikerjakan oleh pemborong.

Dijelaskan Hafid Iswayudi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Cirebon, hari pertama kegiatan safari pembangunan dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 6 Desember 2023, rombongan Bupati Cirebon, Unsur Forkopimda, Kepala SKPD mengecek pembangunan di wilayah barat Kabupaten Cirebon.

Diawali pengecekan pembangunan menara masjid agung sumber liding sektor (PUTR), dilanjut pembangunan tempat pengolahan sampah reuse, reduce, recycle (TPS3R) di Kecamatan Sumber liding sektor (PUTR), dilanjut pembanginan pemagaran dan prasarana kantor KPU liding sektor (PUTR).

Dilanjut dengan pengecekan pembangunan kolam pemijahan dan karantina ikan UPTD Benih Ikan Cikalahang Dukuhpuntang liding sektor (DKPP), bergeser ke pembangunan revitalisasi pasar rakyat Jamblang liding sektor (Disperindag), dilanjut cek ke rehabilitasi ruang kelas SMP 1 Klangenan liding sektor (Disdik).

Setelah isoma, rombongan safari pembangunan menuju proyek jalan Weru Sarabau di Kecamatan Weru, dilanjut tinjau proyek pemasangan tiang PJU tematik dari pasar batik trusmi hingga jalan Tuparev Kedawung dilanjut tinjau proyek lanjutan GOR Watubelah.

Masih menurut Hafid, kegiatan safari pembangunan tahun 2023 ini, berlangsung dua hari, pertama ke wilayah barat dipimpin oleh Bupati Cirebon didampingi Sekda dan Kepala OPD, hari kedua ke wilayah timur, untuk tinjau proyek di wilayah timur dipimpin oleh Wakil Bupati Cirebon Hj.Wahyu Tjptaningsih.

Setelah meninjau, Bupati Cirebon Drs.H.Imron MAg, merasa bangga dan puas terhadap hasil pekerjaan ditahun anggaran 2023 ini, pekerjaan tidak ada yang sampai lewat tahun, ditahun 2024 masyarakat Kabupaten Cirebon bisa menikmati hasil pembangunan tahun 2023.

Kegiatan safari pembangunan ini bukan hanya sekedar acara seremonial, melainkan kegiatan yang memastikan kualitas dan kuatintas terhadap hasil akhir pekerjaan fisik, seperti pembangunan gedung dan infrastruktur yang menggunakan anggaran APBD tahun 2023.

Jadi kita semua tahu, belanja pengadaan barang dan jasa tahun 2023 benar benar terserap untuk pembangunan di wilayah Kabupaten Cirebon, baik untuk perbaikan jalan rusak, rehab berat dan ringan, gedung sekolah rusak, penerangan jalan, pembangunan pasar rakyat, tempat pengolahan sampah dan lain lain.

Tujuannya Pemerintah Kabupaten ingin Cirebon membuktikan keseriusan untuk membangun semua sarana dan fasilitas untuk masyarakat Kabupaten Cirebon, agar pertumbuhan ekonomi semakin cepat, sektor pendidikan, layanan kesehatan lebih baik lagi.

Mudah mudahan di tahun anggaran 2024, belanja barang dan jasa lebih besar lagi, pasalnya Kabupaten Cirebon masih banyak PR yang harus segera dibangun, seperti peningkatan jalan, pemeliharaan jalan dan masih banyak gedung ruang kelas sekolahan yang sudah harus di renovasi.

Masih menurut Bupati Cirebon, semua pihak harus benar benar menjaga yang sudah di bangun dan di perbaiki, terutama jalan, agar semua pihak bisa menjaga, contohnya peduli terhadap sepadan bahu jalan yang tergenang air atau jangan membangun bangunan liar dan yang terpenting bagi semua pemilik kendaraan jangan sampai melebihi muatan kendaraan saat melintasi jalan sesuai dengan kelasnya.

Selanjutnya, untuk dua lokasi rute terakhir rombongan dikomandoi Sekda Kabupaten Cirebon, Hilmy Riva’i, menuju pengerjaan jalan di Desa Sarabau, Kecamatan Weru serta pengadaan dan pemasangan penerangan jalan umum tematik Tuparev dan kawasan Batik Trusmi,

Kemudian peninjauan diakhiri dengan mengecek progres pengerjaan sarana olahraga (SOR) Watubelah. “Progresnya bagus. Kami yakin bisa selesai tepat waktu dan bisa segera dimanfaatkan oleh masyarakat,” kata Hilmy.

Editor: denkur | Foto: Istimewa

Berita Terkait

Pertamina Patra Niaga Regional JBB Salurkan Bantuan Korban Puting Beliung di Kabupaten Sumedang
Baznas Kabupaten Sukabumi Beri Bantuan kepada Empat Penyandang Disabilitas
Gegerkan Warga, Benda Mirip Mortir Ditemukan di Kaki Gunung Haruman Jingga Garut
FPD Diharapkan Kusmana Berkomitmen Lakukan Upaya Mengurangi Sampah
Dinas Perkim Kabupaten Sukabumi Terima Penghargaan Soal Pajak
Bupati Cirebon Sebar 20 Ton Beras Murah ke Desa Rawan Pangan
Jabar Cegah Stunting agar Bonus Demografi Optimal
Cek Disini, Skema Turunkan Stunting di Jawa Barat

Berita Terkait

Selasa, 27 Februari 2024 - 22:37 WIB

Pertamina Patra Niaga Regional JBB Salurkan Bantuan Korban Puting Beliung di Kabupaten Sumedang

Selasa, 27 Februari 2024 - 21:00 WIB

Gegerkan Warga, Benda Mirip Mortir Ditemukan di Kaki Gunung Haruman Jingga Garut

Selasa, 27 Februari 2024 - 20:54 WIB

FPD Diharapkan Kusmana Berkomitmen Lakukan Upaya Mengurangi Sampah

Selasa, 27 Februari 2024 - 20:15 WIB

Dinas Perkim Kabupaten Sukabumi Terima Penghargaan Soal Pajak

Selasa, 27 Februari 2024 - 16:04 WIB

Bupati Cirebon Sebar 20 Ton Beras Murah ke Desa Rawan Pangan

Selasa, 27 Februari 2024 - 11:50 WIB

Jabar Cegah Stunting agar Bonus Demografi Optimal

Selasa, 27 Februari 2024 - 11:40 WIB

Cek Disini, Skema Turunkan Stunting di Jawa Barat

Selasa, 27 Februari 2024 - 11:29 WIB

BPBD Jabar Siapkan Terpal untuk Warga Terdampak Puting Beliung di Kertasari

Berita Terbaru

Foto: miga/dara.co.id

BANDUNG UPDATE

Prakiraan Cuaca Bandung, Rabu 28 Februari 2024

Rabu, 28 Feb 2024 - 06:24 WIB

mobil sim keliling kota Bandung

BANDUNG UPDATE

Lokasi Mobil SIM Keliling di Kota Bandung, Rabu 28 Februari 2024

Rabu, 28 Feb 2024 - 06:10 WIB