Okupansi Penumpang di TW 1 2025 Terus Meningkat, Bukti Masyarakat Makin Percaya Layanan KAI

Rabu, 30 April 2025

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Dukungan pemerintah melalui program subsidi Public Service Obligation (PSO) untuk Kereta Api (KA) terus membuahkan hasil positif.

DARA | Terbukti pada Triwulan 1 Tahun 2025, jumlah penumpang Kereta Api Jarak Jauh yang berangkat dari wilayah PT KAI Daerah Operasi 2 (Daop 2) Bandung mengalami peningkatan signifikan.

Manager Humasda KAI Daop 2 Bandung Kuswardojo mejelaskan, tercatat sebanyak 875.546 penumpang menggunakan layanan KA Jarak Jauh dari Daop 2 Bandung selama periode Januari hingga Maret 2025.

Angka ini naik 12 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun 2024, yaitu 783.743 penumpang.

“Peningkatan ini menunjukkan bahwa kepercayaan masyarakat terhadap moda transportasi kereta api semakin tinggi. Subsidi PSO yang diberikan pemerintah berperan aktif dalam menjaga keterjangkauan harga tiket, tanpa mengurangi kualitas layanan,” tutur Kuswardojo dalam rilis yang diterima redaksi, Rabu (30/4/2025).

Di Triwulan 1 Tahun 2025, terdapat 3 KA Jarak Jauh yang menjadi favorit pilihan pelanggan untuk bepergian, dimana ketiganya adalah KA PSO di Daop 2 Bandung. Ketiga KA tersebut yakni KA Cikuray (Garut – Pasarsenen PP), KA Kahuripan (Kiaracondong – Blitar PP), dan KA Kutojaya Selatan (Kiaracondong – Kutoarjo PP).

“Antusiasme masyarakat terhadap layanan KA ini menunjukkan bahwa kereta api masih menjadi pilihan utama karena faktor kenyamanan, keamanan, ketepatan waktu, dan tarif yang bersahabat. Dukungan pemerintah melalui subsidi PSO sangat berarti dalam menjaga ketersediaan layanan berkualitas ini,” ujar Kuswardojo.

PT KAI Daop 2 Bandung berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa kereta api, seiring dengan dukungan penuh dari pemerintah.

Investasi dalam peningkatan fasilitas stasiun, peremajaan armada, serta berbagai inovasi layanan digital terus dilakukan untuk menghadirkan perjalanan yang aman, nyaman, dan menyenangkan bagi seluruh pelanggan.

“Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat yang terus meningkat dan dukungan pemerintah melalui program PSO. Kami optimistis tren positif ini akan terus berlanjut pada masa-masa selanjutnya,” kata Kuswardojo.***

Editor: denkur

 

Berita Terkait

Presiden Prabowo akan Jalani Sejumlah Agenda di St. Petersburg
Asia Menjadi Pusat Investigasi Terbesar Terhadap Industri Telur Global
LRT Jabodebek Lakukan Peremajaan 12 Eskalator di Tiga Stasiun Demi Jaga Keselamatan dan Kenyamanan Pengguna
Diplomasi Biru Indonesia di Konferensi Laut Dunia (UNOC3): Upaya Global Bagi Terumbu Karang Lestari yang Tahan Perubahan Iklim Demi Masa Depan Indonesia
Charge D’Affairs Kedubes Korea Bertukar Pikiran dengan Komunitas Hallyu di Acara Public Diplomacy Talks
PWI DIY Dukung Penetapan Hari Kebudayaan Nasional Setiap 17 Oktober
Mengenal Uji Ketahanan yang Sedang Dijalani Rangkaian Trainset (TS) 20 LRT Jabodebek
“Pulang Kerja, Saatnya Gas Lagi!” Enervon Active Gaungkan Hidup Aktif & Produktif Setelah Kerja
Berita ini 16 kali dibaca
Tag :

Berita Terkait

Kamis, 19 Juni 2025 - 14:15 WIB

Presiden Prabowo akan Jalani Sejumlah Agenda di St. Petersburg

Kamis, 19 Juni 2025 - 12:49 WIB

Asia Menjadi Pusat Investigasi Terbesar Terhadap Industri Telur Global

Kamis, 19 Juni 2025 - 12:40 WIB

LRT Jabodebek Lakukan Peremajaan 12 Eskalator di Tiga Stasiun Demi Jaga Keselamatan dan Kenyamanan Pengguna

Rabu, 18 Juni 2025 - 20:54 WIB

Diplomasi Biru Indonesia di Konferensi Laut Dunia (UNOC3): Upaya Global Bagi Terumbu Karang Lestari yang Tahan Perubahan Iklim Demi Masa Depan Indonesia

Rabu, 18 Juni 2025 - 20:42 WIB

Charge D’Affairs Kedubes Korea Bertukar Pikiran dengan Komunitas Hallyu di Acara Public Diplomacy Talks

Berita Terbaru

MANCANEGARA

Satu Abad Pers Revolusioner Vietnam: Wartawan Juga Prajurit

Jumat, 20 Jun 2025 - 09:52 WIB