5 Tips Meninggalkan Kulkas Saat Mudik yang Aman di Rumah

Jumat, 1 Maret 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Foto: Max Rahubovskiy/Ist

Foto: Max Rahubovskiy/Ist

Pada akhir bulan Ramadan, banyak orang mudik untuk merayakan lebaran bersama keluarga.

DARA | Karena mudik, rumah harus ditinggalkan dalam waktu yang cukup lama. Demi keamanan rumah dan barang-barang yang ada di dalamnya, pastikan Anda menerapkan tips meninggalkan kulkas saat mudik.

Kulkas merupakan salah satu alat elektronik penting di rumah, sehingga Anda tidak bisa asal membeli.

Anda perlu memperhatikan kualitas serta fiturnya agar kulkas bisa berfungsi normal dan awet. Kulkas samsung 2 pintu adalah salah satu rekomendasi kulkas terbaik dan berkualitas yang bisa Anda beli di Blibli.

5 Tips Meninggalkan Kulkas Saat Mudik yang Aman di Rumah

Membiarkan kulkas begitu saja lalu meninggalkannya dalam waktu yang lama sangat tidak disarankan. Kulkas bisa rusak atau bahkan bisa menyebabkan bahaya bagi rumah, seperti kebakaran akibat korsleting listrik. Lantas, apa yang sebaiknya dilakukan pada kulkas agar tetap aman selama mudik?

1. Keluarkan Semua Isi Kulkas

Pertama, Anda harus mengeluarkan seluruh isi kulkas, baik bahan makanan segar maupun bahan makanan atau minuman dalam kemasan. Agar tidak terbuang sia-sia, Anda bisa mengolah bahan makanan atau minuman untuk dikonsumsi.

Karena mudik lebaran itu cukup lama, maka sebaiknya kulkas dikosongkan. Bahan makanan atau minuman dalam kemasan bisa dipindahkan ke lemari penyimpanan. Untuk makanan atau minuman yang mendekati kadaluarsa bisa dikonsumsi terlebih dahulu.

2. Cairkan Bunga Es di Freezer

Sebagian kulkas kini sudah dilengkapi dengan teknologi no frost yang mencegah terbentuknya bunga es. Namun jika kulkas Anda belum memilikinya, Anda bisa mencairkan bunga esnya terlebih dahulu.

Bunga es yang tidak dicairkan bisa membanjiri lantai saat kulkas ditinggalkan dalam keadaan mati. Tentu itu akan sangat merepotkan. Jadi pastikan bagian freezer sudah benar-benar kosong sebelum meninggalkan kulkas untuk mudik.

3. Bersihkan Isi Kulkas

Tips meninggalkan kulkas saat mudik selanjutnya setelah mengosongkan bagian freezer adalah membersihkan isi kulkas. Lepaskan rak kulkas termasuk yang terpasang pada pintunya. Lalu cuci rak kulkas dengan air dan sabun.
Jangan lupa untuk membersihkan bagian dalam kulkas dengan menggunakan lap bersih dan air sabun. Keringkan seluruh bagiannya. Setelah bagian dalam kulkas kering, pasang kembali raknya.

4. Cegah Bau Tak Sedap

Kulkas yang ditinggal dalam keadaan kosong dan terputus dari listrik masih bisa mengeluarkan bau tak sedap. Bau yang tak sedap itu bisa mempengaruhi aroma makanan yang disimpan di dalamnya.

Untuk mencegah bau tak sedap, cukup siapkan wadah dan isi dengan baking soda. Kemudian taruh wadah tersebut di dalam kulkas. Baking soda akan menyerap bau tidak sedap. Setelah pulang dari mudik, Anda bisa langsung menggunakan kulkas kembali.

5. Cabut Steker

Ditinggal mudik yang mungkin akan lebih dari 3 hari, sebaiknya kulkas dalam keadaan mati. Cabut steker kulkas dari stop kontak sebelum meninggalkan rumah. Hal ini bertujuan untuk mencegah korsleting atau risiko kerusakan. Membiarkan kulkas dalam keadaan mati selama mudik juga akan menghemat pengeluaran listrik.

Setelah menerapkan tips meninggalkan kulkas saat mudik, Anda bisa melakukan perjalanan dengan tenang dan merayakan lebaran tanpa khawatir. Bahkan setelah kembali ke rumah, Anda tidak akan menemukan masalah pada kulkas.

Sebagai alat elektronik yang sangat berguna, pastikan Anda memiliki kulkas yang bagus dan punya fitur yang bermanfaat. Temukan banyak rekomendasi kulkas terbaru dan berkualitas di Blibli. Nikmati pula beragam keuntungan berbelanja di Blibli dengan harga lebih murah dan jaminan barang asli.

Editor: denkur

Berita Terkait

PENYANYI DAVID GATES : Dunia Berakhir, Bintang Padam
Sambut Anniversary ke-25 Anime ONE PIECE, Berikut Empat Keseruan yang Bisa Kamu Ikuti
Fandango” dan Kisah Kota Pale
Inilah 10 Cara Berhenti Merokok
Stres: Gejala, Penyebab, Pencegahan dan Pengobatan
Nasi Tumpeng Ternyata Sudah Ada Sebelum Islam Masuk Jawa
Ini Dia Caranya agar Video Tiktok Anda Banjir Like dan Followers
Ajak Jurnalis Seluruh Indonesia, FIFGROUP Kembali Gelar National Media Competition 2024
Berita ini 2 kali dibaca
Tag :

Berita Terkait

Minggu, 21 Juli 2024 - 09:04 WIB

PENYANYI DAVID GATES : Dunia Berakhir, Bintang Padam

Sabtu, 20 Juli 2024 - 10:59 WIB

Sambut Anniversary ke-25 Anime ONE PIECE, Berikut Empat Keseruan yang Bisa Kamu Ikuti

Kamis, 18 Juli 2024 - 20:22 WIB

Fandango” dan Kisah Kota Pale

Sabtu, 13 Juli 2024 - 12:19 WIB

Inilah 10 Cara Berhenti Merokok

Minggu, 7 Juli 2024 - 13:18 WIB

Stres: Gejala, Penyebab, Pencegahan dan Pengobatan

Berita Terbaru

CATATAN

PASCA JOE BIDEN Dari Zampoli Hingga Johnson

Senin, 22 Jul 2024 - 19:05 WIB

DISDIK

Proyek e- Katalog Disdik Jabar Jadi Sorotan

Senin, 22 Jul 2024 - 18:36 WIB